spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Peternak Ciamis Dihimbau Waspada Terhadap Penyakit Anthrax

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemkab Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Jawa Barat meminta kepada para peternak untuk waspada akan serangan penyakit Anthrax. Demikian dikatakan Plt Kadis Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Ani Supiani. Senin (10/7/2023)

    Ani mengatakan, merujuk surat dari Dinas Peternakan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Nomor 4015/PT.01 04.04/Keswan Tanggal 7 Juli 2023 perihal kewaspadaan terhadap penyakit Anthrax yang saat ini penyakit itu merebak kembali.

    BACA JUGA: Petani Milenial Situmandala Ciamis Siap Kembangkan Ternak Sapi Potong

    “Merujuk surat dari Provinsi Jabar kami di wilayah akan melaksanakan perintah itu,”katanya.

    Ani menuturkan, untuk antisipasi dan mencegah adanya penyakit Anthrax di wilayah Ciamis maka perlu dilakukan tindakan tindakan pencegahan dan kewaspadaan bersama dan adapun beberapa hal yang harus dilakukan dalam pencegahan penyakit Anthrax agar tidak meluas diantaranya meningkatkan pemantauan hewan ternak secara rutin.

    “Sanitasi  Peternakan dan tempat penjualan hewan ternak termasuk penanganan limbah Peternakan nya harus diawasi secara ketat,” ucapnya.

    Ani melanjutkan, dengan memperketat pengawasan sanitasi di peternakan dan tempat jualan hewan ternak agar bersih merupakan upaya yang baik agar penyakit Anthrax bisa diminimalisir atau dicegah.

    BACA JUGA: Aksi Nyata, Bikers Brotherhood 1% MC Bersihkan Sungai Cikalagen

    Ani menjelaskan,supaya para peternak dan pelaku peternakan serta masyarakat tahu cara pencegahan penyakit Anthrax tersebut maka perlu edukasi terkait tanda tanda dan cara pencegahan yang harus diambil apabila ada kasus itu.

    “Laporkan segera apabila ada kejadian penyakit Anthrax kepada pihak Disnakan sehingga tidak ada keresahan di masyarakat karena akan cepat penanganan nya,”ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img