spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    Gerakan Nasional Bumikan Trisakti Usulkan Usakti Diambil-alih Negara

    Gerakan Nasional Bumikan Trisakti Usulkan Usakti Diambil-alih Negara

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gerakan Nasional Bumikan Trisakti komitmen terus berjuang mengawal dan mewujudkan semua cita-cita amanah perjuangan Bung Karno bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi menjadi presiden hari ini buah ajaran nilai-nilai Bung Karno, Nasionalisme serta persatuan gotong royong rakyat Indonesia yang dipelopori PDIP serta perjuangan reformasi.

    Tidak ada pilihan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, negara kuat, maju dan disegani di dunia kecuali memperkuat pondasi dengan energi spiritual bangsa, yakni melaksanakan amanah cita-cita perjuangan Bung Karno.

    “Bung Karno paham betul atas pendirian negara ini,” kata Ketua Gerakan Bhineka Nasional Andi Talman.

    Adapun beberapa amanah perjuangan Bung Karno yang harus dilaksanakan, yakni pemindahan Ibukota Republik Indonesia yang saat ini dilaksanakan Jokowi.  Kemudian menyelamatkan simbol Trisakti, yakni Universitas Trisakti (Usakti) yang didirikan dan diberi nama oleh Bung Karno.

    BACA JUGA: Pengamat Perkotaan Trisakti: Penanganan Banjir Cimahi Perlu Konsep Jelas

    “Saat ini ada Kontroversi di internal yayasan. Maka kita diskusikan di sini , karena nama Trisakti memiliki makna . Di mana Bung Karno berharap menjadi perguruan tinggi yang mengamalkan Trisakti,” kata Andi.

    Menurut dia, Usakti harus menjadi lokomotif utama dalam melahirkan generasi muda yang cerdas guna kemajuan Indonesia. Usakti sebagai simbol Trisakti ‘dan jangan sampai dikelola swasta yang hanya mengedepankan sisi materi.

    “Universitas Trisakti harus diambil alih negara. Jangan sampai aset negara dikuasai swasta. Kita ingin memperbaiki kondisi saat ini, maka gerakan ini berencana menyampaikan hasil diskusi , setidaknya sebelum 17 Agustus 2023,” kata dia.

    Ketua Forum Diskusi Sinergi lndonesia Aab Abduli Malik menyebut tiga poin yang ingin diusulkan kepada negara. Yakni menyongsong dan mempersiapkan peta kepemimpinan pasca Presiden Jokowi.

    “Kita juga berharap negara hadir untuk mengambil alih Universitas Trisakti,” kata Aab. Kemudian mengamalkan ajaran Bung Karno sebagaimana pendiri bangsa agar menjadi nutrisi menuju Indonesia emas 2045.

    Adapun ajaran Bung Karno lainnya, yakni nilai-nilai yang tertuang dalam Trisakti harus dibumikan di seluruh negeri. Membumikan Trisakti diyakini akan melahirkan energi spritual bangsa yang akan menggerakkan semua potensi bangsa bersatu dan bergotong royong untuk kemajuan Indonesia.

    BACA JUGA: Tekan Inflasi, Kota Bandung Gelar Gerakan Pangan Murah

    Aab mengatakan bahwa sudah saatnya melakukan gerakan besar rakyat Indonesia dalam bingkai Gerakan Nasional Membumikan Trisakti.

    “Laksanakan semua amanah dan cita-cita Bung Karno sekaligus mengajarkan generasi hari ini agar tidak melupakan sejarah perjuangan pendiri bangsa. Kita kelola dan hormati semua peninggalan, situs bersejarah Bung Karno sebagai energi bangsa yang menerangi arah perjuangan bangsa dan seluruh rakyat,” kata dia.

    Maka seluruh gerakan dan seluruh rakyat Indonesia menyerukan agar

    1. Melakukan gerakan nasional secara massif dalam satu Gerakan Nasional Bumikan Trisakti menyongsong dinamika dan perubahan global.

    2. Bersama menyelamatkan Universitas Trisakti sebagai simbol Trisakti (aset negara) menjadi PTNBH agar tidak dikuasai pihak swasta atau kelompok, serta menyelamatkan seluruh perguruan tinggi peninggalan Bung Karno.

    3. Muliakan dan kelola dengan baik semua tempat serta situs bersejarah peninggalan Bung Karno.

    Hadir dalam diskusi tersebut Barikade 98 Jabar, Masyarakat Indonesia  Peduli Trisakti, Relawan Trisakti untuk Ganjar Pranowo Presiden 2024, Forum Diskusi Sinergi Indonesia, GPM Jabar, Bara JP Jabar, dan Jaringan Simpul Pergerakan Rakyat Jabar untuk Ganjar Presiden 2024.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img