spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Jelang Idul Adha, Pasar Hewan Pemkot Banjar Sepi

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Salah satu Pasar Hewan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar di daerah Dobo nampak masih sepi pembeli.

    Menurut Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Disperindag), Edi Herdianto, kondisi tersebut sudah berlangsung lama. Bahkan bertahun-tahun sampai sekarang, Sabtu (23/6/2023).

    BACA JUGA: Dinkes Kota Banjar Tekankan Pelayanan Kesehatan Mengedepankan Kualitas

    “Pasar sset milik pemerintah terlihat sepi, tidak ada aktivitas bertemunya penjual dan pembeli, atau layaknya pasar hewan pada umumnua,” katanya.

    Dalam upaya memaksimalkan keberadaan pasar hewan Pemkot Banjar, untuk kepentingan masyarakat umum, mestinya dibentuk dulu wadahnya.

    “Wadah yang perlu dibentuk iyaitu UPTD Pasar Hewan, karena keberadaan UPTD Pasar Hewan terdahulu sudah dilebur,” ucapnya.

    Terpisah Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan Yoyon Cuhyono, mendukung untuk memaksimalkan lagi Pasar Hewan dan difungsikan kembali.

    BACA JUGA: Tamkot Gelap, Dinas KUKMP Kota Banjar Minta Dinas Terkait Anggarakan Penerangan

    “Kami akan bergerak langsung, dan berkordinasi dengan dinas terkait, yakni Disperindag, supaya bisa secepat mungkin membentuk UPTD Pasar Hewan,” ujarnya.

    Menjelang Idul Adha 1444 H, lalu lintas ternak masuk dan melintas wilayah Kota Banjar dari luar Jabar mengalami kenaikan akhir-akhir sekarang.

    Berdasarkan data cek point pemeriksaan kesehatan hewan, Dinas Peternakan Provinsi di Cijolang perbatasan Jabar – Jateng terdapat 336 unit seharinya kemarin.

    “Terdata dari jumlah 336 unit kendaraan, totalnya membawa sapi sebanyak 1.580 ekor, domba sebanyak 3310 ekor,” jelasnya

    Yoyon menambahkan, terkait lalu lintas ternak sapi khusus kebutuhan di Kota Banjar, masih tahap pendataan saat ini.

    Adapun ketersediaan hewan qurban untuk Kota Banjar, terdata sapi sebanyak 1066 ekor, domba dan kambing sebanyak 7571 ekor.

    Jumlah ketersediaan mengalami penambahan, sebelumnya saat pendataan Senin (12/6/2023) lalu tercatat sebanyak 633 ekor Sapi, Domba dan kambing 7.210 ekor, pungkasnya.

    (Budi Nugraha/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img