spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Dinkes Kota Banjar Tekankan Pelayanan Kesehatan Mengedepankan Kualitas

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Dinas Kesehatan Provinsi Jabar bersama Dinas Kesehatan Banjar berupaya meningkatkan kualitas kader kesehatan, melalui Orientasi Puskesmas Terpadu dan Juara (Puspa).

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar H.Andi Bastian Mengatakan, berupaya meningkatkan kapasitas kader Posyandu, diantaranya melalui Puspa. Jum’at (23/6/2023).

    BACA JUGA: SDN 1 bank bjb Langensari Gelar Perpisahan

    “Kami akan terus berupaya meningkatkan kapasita kader dan kualitas kesehatan, dengan berbagai program, diantaranya program Puspa,” katanya.

    Kegiatan Puspa dilakukan selama tiga hari di Hotel Santika Tasikmalaya, mulai  Senin – Rabu (19 – 21 Juni 2023.

    Saat ini yang menjadi ujung tombak, sekaligus perpanjangan tangan dari masing-masing Puskesmas adalah kader Posyandu.

    “Maka kami akan senantiasa berupaya meningkatkan kapasitas dan kualitas kader Posyandu, supaya berefek pada kualitas kesehatan Kota Banjar,” ucapnya.

    Terpisah menurut Supervisor Puspa untuk Kota Banjar, Inggit Meliana menyampaikan kader itu sebagai ujung tombak dengan kepanjangan tangan masing-masing Puskesmas.

    BACA JUGA: Monopoli Perdagangan di Kota Banjar Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan Belanda

    “Kami berharap dari kegiatan Puspa memberikan pengetahuan dan memperkuat peran kader kesehatan dalam menjalankan fungsinya sebagai penyuluh, penggerak masyarakat,” ujarnya.

    Inggit menjelaskan tanpa mengambil alih fungsi dan peran tenaga kesehatan dalam Puspa tersebut, buku KIA menjadi sumber utama informasi kader.

    “Saya memberikan beberapa penekanan poin-poin kunci terhadap masa paling penting dari pertumbuhan dan perkembangan anak, yaitu masa,” jelasnya.

    Ditambahkan Kepala Bidang Kesehatan Banjar, Yedi Resdiana, menuturkan dari 10 Puskesmas, masing-masing mengirimkan 2 orang, ketua dan anggota kader pada orientasi tersebut.

    Selain dari 2 orang yang mengikuti orientasi, sebanyak 30 orang kader per Puskesmas  melakukan pelatihan di Kota Banjar.

    “Harapan kami, dengan banyaknya berbagai pelatihan, bisa meningkatkan kapasitas kader dan kualitas kesehatan di Kota Banjar,” pungkasnya.

    (Budi Nugraha/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img