spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    KPK Geledah Kantor Diskominfo dan Perumda Tirtawening Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penyidik Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) kembali melakukan penggeledahan kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Bandung di Jalan Wastukencana Jabar Jumat (9/8/2023).

    Setelah kurang lebih 7 jam melakukan penggeledahan, akhirnya petugas KPK keluar dengan membawa satu koper warna biru dongker, satu koper jinjing berwarna biru tua dan satu kardus berwarna coklat.

    Berdasarkan pantauan di lapangan, Tim penyidik KPK melakukan penggeledahan pada pukul 09:00 WIB dan selesai pada pukul 16:46 WIB.

    BACA JUGA: Ayah Menpora Dito Dipanggil KPK Terkait Korupsi di Antam

    Satu unit koper dan koper jinjing yang dibawa penyidik KPK, diduga berisi dokumen dan hard disk. Koper tersebut pun langsung dimasukan petugas ke dalam mobil innova berwarna hitam. 

    Tak menunggu lama, tim KPK langsung bergegas pergi dan diikuti satu unit mobil ranger milik aparat kepolisian untuk meninggalkan lingkungan balai kota.

    Pengeleahan tersebut merupakan pengbangan dan pengumpulan bukti bukti tambahan terkait tindak pidana korupsi suap oleh Wali kota Bandung non-aktif Yana Mulyana dalam proyek pengadaan CCTV dan Internet Service Provider (ISP) untuk layanan digital Bandung Smart City tahun anggaran 2022-2023.

    Sebelumnya, Sejumlah Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penggeledahan kantor Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtawening kota Bandung di Jalan Badak Singa Kecamatan Coblong Kota Bandung Jabar Kamis (8/6/2023) kemarin.

    Pengeleahan tersebut merupakan pengbangan dan pengumpulan bukti bukti tambahan terkait tindak pidana korupsi suap oleh penyelenggara negara dalam proyek pengadaan CCTV dan Internet Service Provider (ISP) untuk layanan digital Bandung Smart City tahun anggaran 2022-2023.

    Berdasarkan pantauan di lapangan, penggeledahan dilakukan tim penyidik KPK di kantor Perumda Tirtawening Kota Bandung tampak tertutup. Belasan Wartawan pun tidak diperbolehkan mendekat ke Gerbang yang dijaga ketat petugas keamanan di Kantor Perumda Tirtawening, sehingga hanya menunggu di luar gerbang.

    BACA JUGA: 11 Polisi Bersertifikasi Bakal Keliling Kota Bandung Tindak Pelanggar Lalu Lintas

    Sempat Dirut Perumda Tirtawening keluar untuk melaksanakan sholat Dzuhur dan mengkonfirmasi terkait penggeledahan tersebut.

    “Nanti saja kalau sudah selesai,” kata Sonny.

    Tim penyidik KPK selesai lakukan penggeledahan pukul 15:00 WIB dan diikuti satu unit mobil ranger milik aparat kepolisian. Namun, terlihat pula dalam mobil Innova ada orang yang mengenakan pakaian khas KPK.

    Hingga kini, belum diketahui tim penyidik KPK membawa barang bukti apa saja. Lantaran penggeledahan dilakukan sangat tertutup.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img