spot_img
Minggu 16 Juni 2024
spot_img
More

    237 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kereta di India

    INDIA,FOKUSJabar.id: Sedikitnya 237 orang tewas dan 900 penumpang lainnya menderita luka-luka dalam peristiwa tabrakan kereta api di negara bagian Odisha, India, Jumat (2/6/2023) malam.

    Mengutip laporan pihak berwenang setempat, jumlah korban tewas dan luka-luka dalam insiden tabrakan tiga kereta itu mungkin bertambah karena masih ada orang yang belum ditemukan.

    Hindustantimes memberitakan, Sabtu (3/6/2023), kecelakaan kereta api paling buruk yang terjadi di India pada abad ini, melibatkan dua kereta penumpang dan satu kereta barang, termasuk Coromandel Express.

    BACA JUGA: Konflik Sudan Belum Berakhir, 400 Orang Tewas

    Besarnya angka kematian akibat tabrakan kereta tersebut, menunjukkan seberapa besar dan tragisnya kecelakaan itu terjadi.

    Kronologi kecelakaan tragis itu disebutkan bermula setelah satu kereta penumpang mengalami tabrakan dengan gerbong kereta penumpang yang sebelumnya sudah tergelincir.

    Akibat tabrakan ini, gerbong kereta kemudian terlempar ke jalur yang berlawanan.

    Pemerintah Odisha mengklarifikasi bahwa tiga kereta tergelincir dan jatuh di tempat yang sama, dan menyebabkan kecelakaan besar.

    Bengaluru-Howrah Superfast Express sedang dalam perjalanan ke Howrah ketika beberapa gerbong tergelincir dan jatuh di jalur yang berdekatan.

    Sementara, Shalimar-Chennai Central Coromandel Express, dalam perjalanan ke Chennai, bertabrakan dengan gerbong Bengaluru-Howrah Superfast Express yang tergelincir.

    Gerbong Coromandel Express yang tergelincir kemudian menabrak gerbong kereta barang.

    Ketiga kecelakaan ini terjadi di dekat stasiun Bahanga Baazar di distrik Balasore, 250 kilometer (km) selatan Kolkata dan 170 km utara Bhubaneswar.

    Adapun versi berbeda menyebutkan, kereta tergelincir lebih dulu dan menabrak gerbong kereta yang lain. Peristiwa ketiga tabrakan itu terjadi dalam rentang waktu singkat.

    Peristiwa ini dinilai sebagai kecelakaan kereta api terburuk di India abad ini, dengan jumlah korban tewas diperkirakan akan terus bertambah.

    Pihak Indian Railways mengatakan, dua layanan yang terlibat adalah Coromandel Express dan Howrah Superfast Express. Satu kereta penumpang diperkirakan tergelincir sebelum ditabrak oleh yang lain di jalur yang berdekatan.

    India sendiri memiliki salah satu jaringan kereta api terbesar di dunia dan peristiwa kecelakaan kereta api sering terjadi.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img