spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Dukung UMKM, Caleg DPR RI Borong Gula Aren di Ciamis Kreatif Festival

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Calon Legislatif (Caleg) DPR-RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Yaya Hudaya memborong produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dijual di Ciamis Kreatif Festival 2023. 

    Acara tersebut berlangsung di kawasan Islamic Centre (IC) mulai tanggal 30 Mei hingga 4 Juni. Tindakan pembelian produk UMKM oleh Caleg DPR-RI.

    Yaya Hudaya dari PKB Dapil X (Ciamis, Kuningan, Pangandaran, Banjar) menarik perhatian para peserta UMKM lainnya serta pengunjung acara tersebut.

    BACA JUGA: Lukisan Ampas Kopi Dipamerkan di Ciamis Kreatif Festival 2023

    Salah satu produk yang dibeli oleh Yaya Hudaya adalah Gula Aren yang merupakan hasil olahan dari petani milenial Pamarican Kabupaten Ciamis. 

    Ketua Petani Milenial Wirayama Alam Lestari Pamarican Ciamis, Feri Heryanto mengungkapkan bahwa produk Gula Aren hasil olahan para petani diborong oleh Yaya Hudaya.

    “Kaget dan terharu atas perhatian yang diberikan oleh Caleg H. Yaya Hudaya terhadap para petani Gula Aren Ciamis, selain memborong Gula Aren, Yaya Hudaya juga membeli produk lain yang dihasilkan oleh petani Gula Aren Ciamis,” kata dia saat diwawancara, Selasa (30/5/2023). 

    Peri Heryanto mewakili petani Gula Aren Pamarican Ciamis menyampaikan rasa terima kasih kepada Yaya Hudaya dan berharap bahwa rencananya dapat terwujud sehingga pengrajin Gula Aren dan UMKM lainnya dapat lebih diperhatikan di masa depan.

    “Total belanja Caleg Yaya Hudaya mencapai lebih dari Rp 2 juta semua produk yang dipamerkan di stand kami diborong,” ungkapnya. 

    Sementara itu, Yaya Hudaya, mengatakan, tindakan memborong Gula Aren hasil pengrajin Gula dari Pamarican Ciamis ini merupakan upaya untuk mengembangkan potensi ekonomi lokal di Ciamis. 

    “Pengembangan potensi Gula Aren dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya para pengrajin, Ciamis memiliki potensi kreatif dan mandiri dalam mengolah produk dari bahan baku yang ada di daerah,” kata dia. 

    Menurutnya, pengembangan produk-produk UMKM sangat penting dilakukan di masa depan. Oleh karena itu produk gula merah itu akan dibawa sebagai sampel untuk dipasarkan lebih luas lagi. 

    “Gula merah ini akan saya bawa ke PT Perusahaan Perdagangan Indonesia yang merupakan perusahaan milik BUMN yang sudah masyhur di luar negeri agar bisa terus berkembang,” kata dia.

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Minta ASN Ciamis Untuk Menjaga Moral

    Lebih lanjut, Yaya mengungkapkan gula merah yang sudah diborong itu tidak akan dikonsumsi secara pribadi tetapi akan dibagikan kepada kelompok pemuda dan karang taruna untuk diolah kembali. 

    “Nanti gula aren bisa dibuat kecap unggulan, Ciamis memiliki produk kecap yang tersohor namun sekarang sudah mulai meredup dengan usaha ini saya berharap kecap asli ciamis bisa bangkit kembali,” kata dia. 

    (Fauza/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img