spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Pangdam III/Siliwangi Tinjau Pelatihan BIM

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengunjungi Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung.

    Hal itu untuk meninjau kegiatan pelatihan Building Information Modelling (BIM) untuk prajurit Kodam III/Siliwangi.

    Menurutnya, kampus Itenas merupakan implementasi dari Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Arsitektur dan Desain dengan Komando Daerah Militer III/Siliwangi.

    BACA JUGA:

    Polisi Berhasil Ringkus Oknum Travel yang Bawa Kabur Uang Studi Tour SMAN 21 Bandung

    Pelatihan Building Information Modelling (BIM) diselenggarakan oleh program studi Arsitektur untuk 30 prajurit Komando Daerah Militer III/Siliwangi selama empat hari, (22-26/5/2023).

    Prajurit yang mengikuti pelatihan masing-masing berasal dari Mazidam III/Slw (10 orang), Denzibang 1/Bandung (3 orang), Denzibang 2/Bogor (7 orang), Denzibang 3/Cirebon (6 orang), Yonzipur 3/YW (2 orang), Yonzipur 9/LLB (1 orang) dan Paldam III/Slw (1 orang).

    “Pelatihan BIM untuk mempertajam kemampuan prajurit dalam Architecture Engineering and Construction (AEC). Sehingga prajurit memahami berbagai aplikasi terkini yang sedang trending. Semuanya untuk mendukung tugas pokok Satuan,” kata Pangdam III/Siliwangi.

    Kazidam III/Siliwangi Kolonel Czi Rielman N. Yudha Trianandha mengatakan, pelatihan kepada prajurit Kodam III/Siliwangi bertujuan untuk menyesuaikan dengan teknologi rancang bangun yang digunakan saat ini.

    BACA JUGA:

    PPDB, Disdik Kota Bandung: Penyebaran SD Merata

    Berdasarkan PP No 16 Tahun 2021 tentang Bangunan Gedung bahwa metode pelaksanaan konstruksi bangunan dengan padat teknologi wajib menggunakan BIM paling sedikit sampai dimensi kelima

    Sedangkan padat modal wajib menggunakan BIM sampai dimensi kedelapan.

    “Sehingga dalam memodelkan sebuah bangunan atau infrastruktur dapat mendeteksi secara detail hubungan antarelemen dalam sistem bangunan yang dapat ditampilkan dalam bentuk dimensi ketiga serta mengkalkulasikan volume pekerjaan,” ujar Kazidam.

    Untuk pelatihan ini, prajurit Kodam III/Siliwangi diberikan materi tentang pengambilan bangunan sampai dimensi ketiga.

    Sesuai dengan topik utamanya, pelatihan ini menitikberatkan kepada pengenalan teori dasar dan elemen-elemen yang terdapat dalam BIM. Setiap harinya, pelatihan berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

    Dalam kunjungan tersebut, Pangdam juga melakukan peninjauan terhadap beberapa laboratorium. Seperti Laboratorium Arsitektur Digital, Ruangan Pencahayaan Buatan, Ruangan Langit Buatan, Ruangan Heliodon (Ruangan Fisika Bangunan) dan Laboratorium Perancangan Kendaraan Listrik (Mobil dan Motor Listrik).

    Rektor Itenas, Meilinda Nurbanasari menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Pangdam untuk meninjau produk kampus Itenas.

    “Itenas siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Kodam III/Siliwangi untuk menghasilkan inovasi dan menghasilkan produk inovasi dan tepat guna yang siap diimplementasikan di masyarakat,” kata Meilinda Nurbanasari.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img