spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    DLHK Kota Bandung Minta Masyarakat Bersabar Soal Sampah

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Dudy Prayudi mengajak, masyarakat lebih bersabar terkait persoalan sampah yang menumpuk di tiap TPS di kota Bandung.

    Hingga saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, terus berupaya dalam menangani persoalan sampah. Dari 55 tempat pembuangan sementara (TPS), 20 diantaranya telah berangsur normal.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Berencana Akan Kembali Buka CFD , Ini Syaratnya

    “Total ada 55 TPS di Kota Bandung, dan 20 TPS sudah kembali normal. Kita berproses setiap harinya, ada satu hingga dua TPS karena kita perlu alat berat. Sementara alat berat masih terbatas,” kata Dudy Prayudi, Selasa (9/5/2023).

    Kepala DLHK Kota Bandung menyebut, menumpuknya sampah di TPS Kota Bandung belakang ini bukan tanpa sebab. Kendala utama ada di tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti yang saat ini dalam tahap penataan.

    BACA JUGA: Diminati Masyarakat, Pemkot Bandung Kembali Gelar Program Padat Karya

    “Kendala ada di TPA Sarimukti. Semula ada dua zona, dan saat ini yang bisa dipergunakan satu zona. Akibatnya terjadi antrian panjang ketika truk pengangkut sampah akan kembali ke TPA. Makanya sampah menumpuk di TPS,” ucapnya.

    Meski begitu, Dudy meyakinkan bahwa persoalan sampah di Kota Bandung akan secepatnya terselesaikan. Sebabnya, TPA Sarimukti tengah dalam penataan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

    “Sarimukti sekarang dalam penataan. Sarimukti akan buka kembali buka zona, dan mudah-mudahan bisa cepat terealisasi. Kalau kembali normal, otomatis TPS Cijambe juga akan kita stop. Karena memang TPS Cijambe untuk darurat saja,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img