spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Siaga Bencana, Bupati Ciamis Minta OPD dan Camat Jangan Lengah

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Beberapa hari belakang ini sejumlah wilayah di Kabupaten Ciamis kerap menerima musibah bencana alam untuk mengatasi hal itu Pemerintah Kabupaten Ciamis mulai menggelar rapat koordinasi (rakor) siaga bencana di ruang vidcon Pendopo Ciamis, Jumat (5/5/2023). 

    Rakor tersebut dilaksanakan secara daring dipimpin secara langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan diikuti oleh oleh Para Kepala Perangkat Daerah serta seluruh Camat di Kabupaten Ciamis. 

    Herdiat mengatakan, rakor kesiapsiagaan bencana itu dilakukan agar Pemkab Ciamis siap dan siaga dalam menghadapi cuaca ekstrem akibat curah hujan yang sangat tinggi sehingga memicu bencana alam. 

    BACA JUGA: 10 Kali Raih WTP, Bupati Ciamis Minta Tetap Dengarkan BPK

    “OPD dan camat harus siap dan selalu waspada tidak boleh lengah dengan situasi yang terjadi di daerah masing-masing karena tercatat dalam beberapa hari kebelakang ada 24 kejadian bencana alam yang sudah dilaporkan,” kata Herdiat. 

    Menurutnya, peristiwa itu menjadi perhatian untuk semua baik di tingkat Desa maupun Kecamatan lakukan pelaporan sesuai dengan alurnya bisa lapor ke Dinas terkait ataupun langsung ke Bupati. 

    “Camat dan Kades harus mengambil langkah cepat dan tepat sebagai upaya kehati-hatian. Jangan leha-leha walaupun bencananya tidak terjadi tetapi itu sebagai upaya untuk mencegah dan menghindari bencana,” ucapnya. 

    Selain itu Herdiat juga meminta agar OPD bisa mempersiapkan berbagai macam alat pendukung baik alat berat dan Sumber Daya Manusia (SDM) nya. 

    “Saya sudah tidak mau lagi dengar alasan apapun. Jangan sampai jika dibutuhkan alat berat atau SDM nya tidak bisa turun ke lapangan,” kata dia.

    BACA JUGA: Prestasi Atlet Silat Ciamis Menurun, Ini Kata Wabup

    Informasi yang dihimpun, hingga saat ini persiapan yang sudah dilakukan oleh OPD yakni memenuhi segala yang menjadi kekurangan dan memaksimalkan kebutuhan logistik dan SDM. 

    Sebagai informasi, jika masyarakat Ciamis hendak melaporkan kejadian bencana yang terjadi di daerah masing-masing bisa langsung melakukan kontak melalui nomor PUSDALOPS BPBD Ciamis 08112316567.

    (Fauza/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img