spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Prestasi Atlet Silat Ciamis Menurun, Ini Kata Wabup

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ratusan pelajar tingkat SD, SLTP, SLTA dan umum mengikuti Kejuaraan Silat Terbuka yang diadakan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Ciamis di GOR Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis, Jumat (5/5/2023).

    Dengan bertajuk Galuh Open kejuaraan silat tersebut sudah kali ke-5 diadakan di Kabupaten Ciamis dengan menggandeng para pelajar dari berbagai perguruan silat se Tatar Galuh.

    BACA JUGA: TPT Muktisari Ambrol, Murid TK Merpati Belajar Online

    Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra sekaligus sebagai Ketua IPSI Ciamis mengatakan, turnamen silat itu merupakan ajang silaturahmi sekaligus untuk mencari bibit-bibit atlet yang bisa menghasilkan prestasi di tingkat nasional dan internasional.

    “Perkembangan pencak silat di Ciamis ini mengalami penurunan prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional seperti contohnya pada ajang porprov target medali emas lepas, oleh karena itu turnamen ini bisa menjadi momen untuk mencari bibit atlet silat di Ciamis,” kata dia.

    Yana menegaskan bahwa pembinaan atlet silat harus dilakukan sejak dini dan pelatihan harus dilakukan langsung oleh guru besar di setiap perguruan.

    Menurutnya, jika bangunan tidak memiliki pondasi yang kuat maka tidak akan bertahan lama begitupula dengan pencak silat guru besar harus ikut turun karena sangat strategis dan berkaitan dengan pondasi.

    BACA JUGA: Ada Rekahan Bukit, Warga Panumbangan Mengungsi

    “Ketika anak usia dini dilatih secara langsung oleh maha guru nya akan berbeda, jika hal itu bisa terlaksana saya yakin prestasi yang akan kita raih,” ucapnya.

    Lebih lanjut, Yana meminta para atlet bertanding dengan penuh sportifitas dan para pengadil lapangan bisa melaksanakan tugas dengan se adil-adilnya.

    “Jaga sportifitas, kepada wasit saya berharap agar bisa mengambil tindakan secara objektif jangan sampai mencederai anak-anak dengan keputusan yang tidak objektif,” pungkasnya.

    (Fauzan/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img