spot_img
Sabtu 15 Juni 2024
spot_img
More

    Penting! 7 Daftar Barang Wajib Dibawa saat Mudik

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Fenomena mudik menjadi tradisi yang paling ditunggu bagi masyarakat khusunya para perantau, Bertemu dengan keluarga dan sanak saudara untuk melepas rindu setelah berbulan-bulan tidak bersua. Untuk momen penting ini, kamu juga harus mempersiapkannya secara matang.

    Mulai dari persiapan bujet, akomodasi, hingga perlengkapan apa saja yang akan dibawa. Jangan sampai ada yang terlewati dan kamu juga harus siap sedia dalam segala keadaan.
    Berikut ini ada sejumlah barang yang wajib banget kamu bawa saat mudik.

    Kantong kain dan plastik

    (web)

    Barang pertama yang wajib kamu bawa ialah kantong kain dan kantong plastik. Terlihat sepele dan banyak yang tidak menyadari seberapa pentingnya kedua barang ini. Kamu bisa menggunakan kantong kain untuk menyimpan pakaian kotormu sehingga pakaian bersihmu tidak tercampur dan tetap aman.

    BACA JUGA: Libur Panjang Lebaran, OYO Berikan Diskon Hingga 70%

    Sedangkan untuk kantong plastik, kamu bisa memanfaatkannya untuk menyimpan pakaian kotor yang basah. Misalnya kamu habis berenang dan tak sempat menjemurnya, tinggal masukkan saja di kantong plastik dan letakkan terpisah dari pakaian kering.

    Stop kontak T

    Sebenarnya di rumah pasti ada stop kontak. Namun, kalau lagi lebaran begini bisa jadi yang pulang ke rumah di kampung tak hanya kamu saja sehingga stop kontak akan penuh. Kamu bisa mengantisipasinya dengan membawa stop kontak T.

    Selain digunakan saat sampai di tujuan, kamu juga bisa menggunakannya saat di rest area. Kamu jadi gak perlu bingung bergantian dengan orang lain kalau sudah membawa si stop kontak T ini.

    Sandal

    Selanjutnya, kamu wajib banget membawa sandal ke mana pun kamu pergi. Walau lebih nyaman mengenakan sepatu, tapi sandal jadi hal penting. Karena tidak mungkin kamu akan terus mengenakan sepatu saat hanya berjalan-jalan di dekat rumah, kan?

    Pilih sandal dengan bahan karet dan ukuran yang pas di kakimu. Kesampingkan dulu tentang fashion, yang terpenting adalah kenyamananmu sendiri karena menempuh perjalanan jauh tentunya akan membuat kakimu pegal-pegal dikurung dalam sepatu terus, lho.

    Tas kecil

    Selain membawa tas pakaian seperti ransel ataupun koper, kamu juga harus membawa tas kecil agar lebih efisien. Tas kecil ini akan kamu gunakan saat berjalan-jalan. Bisa untuk menyimpan ponsel, dompet, charger, hingga barang-barang kecil lainnya karena tidak mungkin kamu akan membawa ransel ataupun koper ke mana-mana.

    Tas dengan ukuran yang lebih kecil dan memiliki daya tampung yang banyak sangat kamu butuhkan.

    Alat mandi

    Walau di rumah sudah ada alat mandi, kamu tetap tidak boleh kelewatan untuk membawa alat mandimu sendiri. Mengingat kalau alat mandi merupakan barang pribadi di mana tidak semua orang cocok dengan sabun, pasta gigi, atau lotion sembarangan.

    Kamu bisa mengepaknya dalam satu pouch plastik dan masukkan dalam tas atau koper di bagian yang mudah supaya ketika kamu perlu untuk bebersih diri tak harus membuka keseluruhan tas dan berakhir berantakan.

    Pakaian ganti

    Tujuan utama mudik lebaran ialah untuk mengunjungi sanak saudara. Namun, tidak berarti kamu hanya butuh pakaian cantik untuk bersilahturahmi. Jadi, lebih baiknya kamu selalu membawa pakaian ganti yang lebih, demi mengantisipasi keadaan yang tidak terduga.

    Pakaian ganti yang wajib kamu bawa di antaranya ada pakaian tidur, pakaian santai untuk di rumah saja hingga sekadar kaos oblong dan celana longgar yang nyaman.

    Mengingat perjalanan mudik biasanya lebih dua jam lamanya, maka kamu pasti akan membutuhkan sanitasi seperti tisu basah, air, atau paling mudah yaitu handsanitizer. Biasanya selama perjalanan kamu akan ngemil, terlebih bagi yang punya bayi.

    Sanitasi sangat penting di kala mudik. Paling tidak, kamu telah menyiapkan satu pouch khusus untuk sanitasi di tempat yang terjangkau seperti di kantung belakang kursi mobil contohnya.

    Nah, sebentar lagi sudah mulai libur Lebaran. Ada baiknya kamu mulai untuk mempersiapkan segalanya supaya ketika hari H tidak perlu repot untuk packing lagi.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img