spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Saat Liburan Lebaran 2023 Layanan IGD RSUD Pandega Pangandaran Tetap Buka

    PANGANDARAN,FOKUSJabar: Masa liburan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023, pelayanan khusus Instalasi Gawat darurat (IGD) RSUD Pandega Pangandaran tetap buka.

    Direktur RSUD Pandega Pangandaran Dr.dr. Hj. Titi Sutiamah MM mengatakan, meski untuk pelayanan kesehatan di poliklinik rawat jalan yang ada di rumah sakit tutup karena menjalani masa liburan Lebaran 2023, namun untuk pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) tetap buka.

    BACA JUGA: Polres Pangandaran Amankan Pemuda yang Sedang Asik Tenggak Miras

    Sesuai arahan Bupati Pangandaran pada saat Rapat Koordinasi tingkat Kabupaten Pangandaran, menyampaikan di masa liburan Lebaran 2023 diprediksi  ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Pangandaran bakal meningkat.

    Sehingga untuk layanan IGD rumah sakit tetap buka selama 24 jam dan bekerjasama dengan puskesmas serta Dinas Kesehatan.

    “Kami akan siap siaga apabila terjadinya kecelakaan laut yang menimpa pengunjung, asalkan bukti bisa menunjukan bukti pembelian tiket masuk ke objek wisata berikut tiket asuransinya. Karena kami sudah melakukan kerjasama dengan pihak asuransi Sarana Lindung Utama (SLU),” kata Titi. Jumat, (14/04/2023).

    Untuk pasien penyakit kronis, Kata Titi, Selama poliklinik tutup dan kehabisan obat  disarankan datang untuk kontrol tgl 17 dan 18 ini. Dan ia juga sudah menghubungi pasien kontrol rutin untuk pasien penyakit kronis seperti (diabetes, jantung, stroke, asma, dll) untuk kontrol sebelum libur.

    BACA JUGA: Memperingati Wafatnya Isa Almasih Polres Lakukan Keamanan di Gereja

    “Untuk pasien yang datang saat libur dan menggunakan bpjs tetap kita layani namun untuk kegawatdaruratan yang menentukan gawat darurat dan tidaknya ditentukan oleh dokter jaga, bila pasien di nyatakan tdk gawat darurat maka sesuai aturan kartu BPJS  pasien tdk bisa di gunakan” Ucapnya.

    Lanjut Titi, “Karena rumah sakit, jadi harus ada surat rujukan dari puskesmas setempat, kecuali yang sifatnya kegawatdaruratan itu bisa langsung ke IGD RSUD Pandega untuk mendapatkan penanganan” tambahnya.

    Untuk kasus kecelakaan lalu lintas harus dilengkapi dengan surat dari kepolisian dan jasa raharja, dalam artian pasien dilayani dahulu namun untuk administrasi bisa belakangan diurus oleh pihak keluarga yang juga dibantu pihak RS untuk pengurusannya.

    Sementara, Tentang RSUD Pandega Pangandaran mulai beroperasi pada tanggal 06 April 2020. RSUD berkomitmen dalam mendirikan rumah sakit yang memiliki aksesibilitas, efisiensi, serta pelayanan yang baik bagi masyarakat dengan biaya terjangkau dan kualitas terbaik.

    RSUD Pandega Pangandaran menawarkan layanan medis yang optimal dan terjangkau melalui fasilitas perawatan kesehatan yang efektif dan efisien. Dengan teknologi medis terbaru serta pelayanan rawat inap yang komprehensif, memberikan efisiensi bagi pasien untuk waktu pemulihan yang lebih cepat.

    Tentu, juga dibantu tim konsultan medis yang sangat terampil dan tim staf yang berkomitmen memperhatikan kebutuhan setiap pasien.

    Selain itu, menyediakan beragam layanan medis dan spesialisasi seperti Bedah Umum, Kesehatan Gigi Anak, Penyakit Muluit, Neurologi, Pediatri atau Anak, Kebidanan & Ginekologi, Orthopaedi dan Traumatologi (Bedah Tulang), Rehabilitasi Medik, Kulit dan Kelamin, Mata dan Penyakit Dalam.

    RSUD Pandega juga didukung layanan kesehatan yang mencakup Instalasi Gawat Darurat, ICU/HCU, Instalasi Bedah Sentral (OK), Ruang Rawat Inap Anak, VK (Ruang Bersalin), Nifas, Perinatologi, Ruang Rawat Inap (Kelas 1, 2, 3, dan VIP), Instalasi Pemulasaran Jenasah (IPJ), Ambulans, Fisioterapi, Laboratorium, Farmasi, dan Radiologi.

    Tersedia juga penunjang non medis seperti IPSRS, SIMRS, ISRS, Laundry, Instalasi Gizi, CSSD, Instalasi Promosi Kesehatan masyarakat, Humas dan Pemasaran (IPKHP).

    (Sajidin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img