spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Pra PON XXI Cabor Arung Jeram Akan Digelar di Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jawa Barat ditunjuk sebagai tuan rumah babak kualifikasi atau pra PON XXI zona II cabang olahraga arung jeram yang akan digelar pada September 2023. Keputusan tersebut ditetapkan Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB FAJI) berdasarkan SK Nomor 2803/PB/FAJI/III/2023 yang ditandatangni langsung Ketua Umum PB FAJI, Mayjen TNI Mar (Purn) F. Saud Tambatua.

    Penunjukkan Jabar sebagai tuan rumah Pra PON XXI zona II cabang olahraga arung jeram menggantikan Jawa Tengah. Sebelumnya, berdasarkan Rakernas FAJI di Probolinggo, Jawa Timur, 29 November 2022, Jateng diputuskan sebagai tuan rumah namunmengundurkan diri berdasarkan surat bernomor 015/FAJI-JTG/III/2023.

    Ketua Harian Pengprov FAJI Jabar, Sorta Mina menyatakan jika pihaknya siap mengambil amanah sebagai tuan rumah Pra PON XX zona II. Bahkan respon positif diperoleh FAJI Jabar usai beraudiensi dengan Ketua Umum KONI Jawa Barat, M. Budiana, Senin (27/3/2023) kemarin.

    “Kami yakin bisa menggelar Pra PON XX yang sebelumnya direncanakan di Jateng, ini kesempatan bagi kami. Tapi ini bukan berarti kami meminta kompensasi kelolosan tim untuk tampil pada PON XXI di Sumut dan Aceh, kita berlomba saja seperti layaknya peraturan kompetisi FAJI,” kata Sorta Mina saat ditemui di gedung KONI Jabar, Senin (3/4/2023).

    Pada Rakernas PB FAJI 2022, diputuskan babak kualifikasi PON dibagi dalam tiga zonasi. Yakni Zona I untuk wilayah Sumatera, Zona II untuk wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat serta Zona III untuk wilayah Kalimantan, Maluku, Papua, dan Sulawesi. Sementara untuk tuan rumah Pra PON XXI wilayah I yakni Sumatera Barat, wilayah III di Sulawesi Utara, dan wilayah II di sungai Citarik, Kabupaten Sukabumi, Jabar, serta akan digelar pada September 2023.

    BACA JUGA; Relawan Santri Dukung Ganjar Safari Ramadhan ke Ponpes Al-Qusyaeri Sumedang

    Pada pelaksanaan PON XXI tahun 2024, cabang olahraga Arung Jeram mendapatkan kuota sebanyak 64 atlet putra dan 64 atlet putri yang akan memperebutkan 16 keping medali emas. Sedangkan kategori lomba yang dipertandingkan yakni R4 dan R6 putra putri kelas open dengan nomor sprint, head to head, slalom, dan down river race.

    “Jabar ini sebagai barometer untuk cabang olahraga arung jeram di Indonesia, bahkan sudah mampu melahirkan atlet level dunia. Penunjukkan tuan rumah pra PON ini akan menjadi momentum untuk ikut berkontribusi pada pencapaian target Jabar Hattrick Juara di PON XXI tahun 2024 nanti,” kata Sorta Mina.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img