spot_img
Sabtu 15 Juni 2024
spot_img
More

    Anugerah Tinarbuka, Bapenda Jabar Lolos Penilaian Kategori SKPD

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat berhasil lolos dalam tahap penilaian administrasi kategori Satuan Kerja Perangkat Daerah pada Anugerah Tinarbuka.

    Anugerah Tinarbuka yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) merupakan ajang penghargaan pertama yang diadakan oleh KIP dengan tujuan memberikan penghargaan kepada lembaga dan perorangan yang berkontribusi dalam mengembangkan keterbukaan informasi.

    Ketua KIP, Donny Yoesgiantoro menjelaskan Anugerah Tinarbuka terbagi dalam 3 kategori, yakni penyelenggara pemilu tingkat provinsi, pemerintah kabupaten/kota, serta SKPD atau dinas pemerintah provinsi.

    “Kami mengucapkan selamat kepada Kepala Daerah maupun Kepala SKPD yang telah lolos pada tahap penilaian administrasi dan hari ini mengikuti Uji Kepatutan serta mengingatkan agar peserta dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik,” kata Donny.

    BACA JUGA: Masyarakat Tionghoa Peduli Gelar Pasar Murah

    Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik mengatakan, keterbukaan informasi publik merupakan urat nadi tercapainya Good Governance. Capaian ini merupakan buah dari proses dan kinerja banyak pihak. Apapun hasil yang akan diraih, ia mengapresiasi kinerja dari semua pegawai.

    Keterbukaan informasi juga adalah salah satu amanat yang kerap disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

    “Pencapaian Bapenda Jabar dalam Anugerah Tinarbuka 2023 merupakan buah dari kinerja semua pegawai. Ini merupakan bukti bahwa kami terus melakukan upaya maksimal dalam menerapkan prinsip-prinsip Good Governance, khususnya dalam hal keterbukaan informasi publik,” kata dia, Jumat (31/3/2023).

    “Kami percaya bahwa transparansi informasi adalah kunci penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, dan kami akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dalam hal ini,” katanya.

    Dalam ajang Anugerah Tinarbuka tersebut, saat sesi penyampaian presentasi 28 Maret lalu di Tangerang, Dedi Taufik mengatakan tim Bapenda Jabar menjelaskan soal Tax Center, sebagai salah satu Inovasi unggulan.

    Bapenda Jabar meluncurkan tax center sebagai upaya mendekatkan komunikasi antara pemerintah dengan wajib pajak dalam bentuk pelayanan konsultasi pajak, pengaduan, penelusuran, dan publikasi pajak berbasis teknologi komunikasi.

    Aktivitas yang dilaksanakan fokus kepada dua hal, yaitu operasionalisasi Sim-C (Samsat Information Centre) dengan aktivasi layanan 24 jam pada nomor 150410 dan layanan berbasis chatbot pada nomor 081122301818.

    “Selain itu, tax center juga untuk pengembangan kompetensi SDM Layanan seiring dengan upaya Reformasi Birokrasi di daerah,” kata Dedi.

    Sementara itu, Plt. Sekretaris KI Pusat, Nunik Purwanti, menjelaskan bahwa Anugerah Tinarbuka merupakan salah satu penilaian untuk memantau pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

    Penilaian monitoring hendak memetakan prakarsa-prakarsa mengenai kebijakan program serta inovasi dalam akselerasi budaya keterbukaan informasi di lingkungan atau wilayah kerja KPU Bawaslu Provinsi serta menilai visi dan komitmen Kepala Daerah pada SKPD Provinsi serta Bupati dan Walikota.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img