spot_img
Sabtu 11 Mei 2024
spot_img
More

    Tangkapan Nelayan Sepi, Harga Ikan Laut Segar Melonjak

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sejumlah harga ikan laut segar seperti cumi segar yang ada di sejumlah kios Pasar Ikan Terpadu Pasar Manis Ciamis Jawa Barat harganya dalam beberapa hari terakhir ini mengalami kenaikan harganya.

    Menurut Yati pedagang Ikan Laut segar, dalam beberapa hari harga Ikan Cumi segar mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari harga sebelumnya.

    “Untuk harga Cumi besar per hari ini dijual Rp 100.000/Kilogramnya dari harga semula hanya Rp 80.000/Kilogramnya,” katanya. Senin (27/3/2023).

    BACA JUGA: Polres Ciamis Amankan 6 Pebalap Liar

    Yati menuturkan, kenaikan harga ikan cumi segar tersebut diduga dipicu kelangkaan stok di bandar besarnya akibat cuaca buruk di laut nya.

    “Tangkapan nelayan berkurang karena cuaca extrim sehingga stok pun sedikit,” ucapnya.

    Yati mengatakan, karena hasil tangkapan nelayan berkurang sedangkan permintaan ikan Cumi segar di pasaran cukup tinggi karena sudah biasa di Bulan suci Ramadan permintaan akan ikan Cumi cukup tinggi juga.

    “Sudah hukum ekonomi sepertinya dimana permintaan banyak sedangkan pasokan kurang pasti harga akan tinggi,” kata dia.

    Yati melanjutkan, selain harga cumi segar yang ukurannya besar untuk ikan Cumi dengan ukuran kecil pun harganya ikut mengalami kenaikan juga dari harga beberapa hari yang lalu.

    BACA JUGA: Perahu Nelayan Di Pangandaran Dihatam Ombak, Kerugian Mencapai Ratusan Juta

    “Untuk harga Cumi segar dengan ukuran kecil untuk saat ini dijual dengan harga Rp 70.000/Kilogram dari harga sebelum nya Rp 55.000/Kilogram nya,” kata dia. 

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img