spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    SKSP Aksi Nyata BB1%MC Selamatkan Bumi

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bikers Brotherhood 1% MC (BB1%MC) Indonesia melalui program Brotherhood For Nature (BFN) melaksanakan aksi bertajuk Satu Knalpot Satu Pohon (SKSP), di Bumi Perkemahan (Buper) Blok Werkit Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis, Minggu (19/3/2023).

    SKSP ini merupakan bagian dari agenda dari TACIBAN Saba Lembur yang merupakan kegiatan rutin dari BB1%MC Chekpoint TACIBAN (Tasik, Ciamis, Banjar, Pangandaran) serta para anggota BFN Regional TACIBAN.

    BACA JUGA: Tatang Sodikin Meninggal di TKP, Ini Penyebabnya

    Ilham Purwa Koordinator divisi edukasi dan kampanye publik BFN Indonesia mengatakan, aksi ini merupakan edukasi dan aksi sosial kampaye dalam menjaga lingkungan hidup, khususnya menjaga kelestarian hutan.

    Bikers Brotherhood 1% MC (BB1%MC) Indonesia melalui program Brotherhood For Nature (BFN) melaksanakan aksi bertajuk Satu Knalpot Satu Pohon (SKSP), di Bumi Perkemahan (Buper) Blok Werkit Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis, Minggu (19/3/2023).

    Ia menyebut, pemilihan tempat di Buper blok werkit karena area tersebut merupakan kahan yang dikelola oleh Pemerintah Desa Cibeureum, berada di Kawasan hutan penyangga HPT (Hutan Produksi Terbatas) milik PERUM PERHUTANI. Kemudian berada di wilayah kaki Pegunungan Madati yang membentang membatasi wilayah Majalengka dan Ciamis.

    “Tempat tersebut kita pilih untuk membantu pengelola dalam pengembangan lokasi tersebut dengan pola pengembangan yang berbasis lingkungan atau konservasi, penambahan tentang wawasan konservasi alam bagi pengelola dan masyarakat, juga implementtasi dari aksi nyata produksi oksigen dan reduksi karbon,” kata Ilham.

    Menurutnya bentuk giat diantaranya penghijauan, pengkayaan jenis pohon, pelepasan satwa berupa jenis kucing hutan “Felis bengalensis” hasil penyelamatan translokasi oleh Member BB1%MC dan promosi lokasi bumi perkemahan.

    BACA JUGA: Tarhib Ramadhan PKS Ciamis, Ajang Konsolidasi Menuju Arah Kemenangan

    Selain selain keluarga besar BB1%MC dan para member BFN, kegiatan ini juga terselenggara atas Kerjasama dari berbagai pihak, diantaranya apparat Desa setempat, apparat Kecamatan setempat, polsek, koramil, para club motor support 22, komunitas komunitas generasi muda, dan partisipan lainnya.

    “Kita bisa melihat sinergitas lintas sectoral dalam upaya ajakan pada seluruh masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya atas zat karbon yang di keluarkan dari kenalpot motor ketika digunakan. Semoga hal kecil yang kami lakukan bisa bermanfaat besar bagi negeri dan inspirasi untuk terus menanam kebaikan,” kata dia.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img