spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    BUMN Siapkan 65.605 Kouta Mudik Gratis 2023

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Program mudik gratis Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali hadir untuk menyambut hari raya Idhul Fitri 1444 Hijriyah.

    Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, pihaknya menyiapkan 65.603 kuota mudik gratis.

    46.523 penumpang pada 1.009 bus, 15.658 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api dan 2.562 penumpang dengan tujuh kapal laut.

    BACA JUGA: Pemkab Ciamis Terima Bantuan 1 Ton Telur

    “Ini bagian dari BUMN untuk hadir dalam membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa,” kata Erick. 

    Erick menilai program mudik bersama ini sebagai langkah strategis untuk memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik.

    Selain itu, dapat mengalihkan pemudik pengguna kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman.

    “76 Badan Usaha Milik Negara yang dipimpin PT Jasa Raharja kolaborasi untuk mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” ucapnya.

    Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata mengatakan, program mudik bersama merupakan implementasi bakti BUMN sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

    “Melalui program itu, kami turut hadir untuk peduli kepada masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik ke kampung halamannya. Flag off pemberangkatan mudik Bersama BUMN tahun ini akan dilaksanakan di Jakarta pada 18 April dari Ring Road Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta,” kata Tedi saat Konferensi Pers Peluncuran Program Mudik Gratis BUMN 2023 di The Trnas Luxury Hotel Jalan Gatot Subroto Kota Bandung, Jabar, Rabu (15/3/2023).

    Asisten Deputi TJSL, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Edi Eko Cahyono mengatakan, pendaftarannya akan dilaksanakan secara daring dan luring, Rabu (15/3/2023).

    “Masyarakat dapat terus mengupdate informasi melalui saluran website dan berbagai media sosial resmi Kementerian Badan Usaha Milik Negaa,” kata Edi.

    BACA JUGA: Ciptakan Kamtibmas, Kapolres  Garut Sambangi RW

    Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono mengatakan, program mudik bersama dilakukan sebagai langkah strategis Jasa Raharja dan Kementerian BUMN untuk memitigasi risiko kecelakaan lalu lintas.

    Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang akan melakukan mudik, khususnya pengguna roda dua agar dapat memanfaatkan program mudik ini sehingga lebih aman dan nyaman.

    “Harapannya, dengan program ini perjalanan mudik masyarakat menjadi aman, nyaman dan penuh berkah,” kata Rivan.

    Rivan menyampaikan, program mudik gratis akan diberangkatkan dari berbagai titik di beberapa kota. Di antaranya, Jakarta, Bandung, Surabaya dan Palembang.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img