spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Rektor Itenas Minta Alumninya Tidak Takut Risiko

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) kembali menggelar prosesi Sidang Terbuka Pimpinan dan Senat Wisuda Program Sarjana dan Magister Itenas Bandung Periode Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 secara luring di Gedung Serba Guna (GSG) Bale Dayang Sumbi Itenas Sabtu (4/3/2023).

    Hadir dalam acara itu Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Dr. M. Samsuri serta ketua dan pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi. Sebanyak 491 wisudawan yang terdiri dari 12 lulusan program magister dan 479 lulusan program sarjana dilantik pada kesempatan tersebut.

    Rektor Itenas Prof Meilinda Nurbanasari menyebut Itenas sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia yang terakreditasi ‘Unggul’. Hal itu menunjukkan bahwa Itenas memiliki kualitas tinggi dalam menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi. Pihaknya pun yakin para lulusan akan menjadi bagian dari solusi berbagai permasalahan di tengah masyarakat.

    BACA JUGA: Dies Natalis ke-50, Itenas Siap Jadi Kampus Terkemuka

    “Jadilah para pemberani. Lakukan perhitungan dengan cermat terhadap risiko keputusan yang akan diambil. Jangan pernah takut untuk mengambil risiko yang terukur, karena keberhasilan dan kemenangan adalah milik mereka yang berani,” kata Meilinda Nurbanasari.

    Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Dr. M. Samsuri mengatakan, capaian Itenas sebagai satu-satunya institut swasta di Indonesia dengan akreditasi ‘Unggul’ tidak hanya menjadi kebanggan civitas akademika, tetapi juga menjadi kebanggan LLDIKTI Wilayah IV dan tentu dapat menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

    “Saya titip agar tidak bersantai saat berada di posisi atas. Harus dipacu dan tetap berlari, bahkan harus lebih cepat ,menuju akreditasi internasional. Terus tingkatkan ranking Itenas di tingkat dunia agar dikenal juga di seluruh dunia. Tentu ini membutuhkan dukungan dan semangat luar biasa dan hal-hal teknis sekecil apapun harus selalu diperhatikan,” kata Samsuri.

    Dalam kesempatan itu, Itenas memberikan penghargaan kepada Ibu Wine Mediani dari SMA Alfa Centauri Bandung yang keenam alumninya lulus dengan predikat pujian. Para lulusan patut berbangga telah menuntut ilmu di Itenas sebab di usianya yang sudah memasuki setengah abad, Itenas mendapat serangkaian pencapaian terbaik.

    Dari 14 program sarjana dan tiga program magister yang bernaung di bawah tiga fakultas, ada dua program studi terakreditasi ‘Unggul’, yakni (Program Sarjana Teknik Sipil dan Program Magister Teknik Sipil), tujuh program studi terakreditasi A (Teknik Mesin, Teknik Industri, Informatika, Teknik Lingkungan, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk), tujuh program studi terakreditasi B (Program Sarjana Teknik Elektro, Teknik Kimia, Sistem Informasi, Teknik Geodesi, Perencanaan Wilayah dan Kota, Arsitektur dan Program Magister Teknik Mesin), dan satu program studi terakreditasi C (Magsiter Teknik Industri).

    Program studi Teknik Lingkungan akan mengajukan general accreditation pada 2024 setelah dilakukan provisional accreditation oleh IABEE pada 2022. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mendapatkan pengakuan internasional. Di samping akreditasi, Itenas meraih penghargaan nasional dan regional bergengsi seperti Gold Winner kategori PTS Kerja Sama Internasional Terbaik dalam Anugerah Diktiristek 2022, serta empat penghargaan dari LLDIKTI Wilayah IV untuk kinerja tahun 2022 .

    Akreditasi Unggul untuk Perguruan Tinggi, apresiasi atas pencapaian Gold Winner untuk kategori PTS Kerja Sama Internasional Terbaik dalam Anugerah Diktiristek 2022, dan masing-masing Bronze Winner untuk Pengelolaan Jabatan Akademik Dosen dan Pelaporan PDPT Terbaik.

    Sejumlah penghargaan internasional yang diraih Itenas, seperti perolehan rating 3 Stars dari QS World University ranking dan menempati peringkat 35 Perguruan Tinggi, baik PTN dan PTS di Indonesia berdasarkan QS Asia University Ranking. Itenas juga masuk ke dalam 25 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan menduduki peringkat ke 6 PTS terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img