spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Bulog Kanwil Jabar Targetkan Cadangan Beras Untuk Disalurkan Sebanyak 170 Ribu Ton Pada Tahun 2023

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bulog Kanwil Jawa Barat menargetkan cadangan penyaluran beras sebanyak 170 ribu ton pada tahun 2023. Hingga Maret ini, beras yang telah tersalurkan di seluruh Jawa Barat mencapai 33 ribu ton.

    “Seluruh Jabar (realisasi) 33 ribu ton dari target setahun 170 ribu ton sampai akhir tahun,” ujar Kepala Bulog Kanwil Jawa Barat Faisal disela-sela meninjau operasi pasar komoditas beras di Kota Bandung . kata Kepala Bulog Kanwil Jabar Faisal di Mustika hegar, Jalan Margacinta Buah Batu kota Bandung Jabar Kamis, (2/3/2023).

    BACA JUGA: Yana Mulyana: Jabatan Adalah Amanah

    Faisal optimis target tersebut dapat tercapai.

    Sebab, target pada tahun 2022 sebesar 160 ribu ton cadangan beras pemerintah berhasil disalurkan kepada masyarakat dengan baik.

    Lebih lanjut Faisal mengatakan, periode Maret hingga April permintaan penyaluran beras relatif menurun dan harga jual relatif stabil. Bulog pada masa tersebut lebih banyak menyerap pengadaan beras dari para petani.

    “Jabar sangat memungkinkan menyerap pengadaan. Beberapa daerah yang sudah memasuki masa panen sudah akan diserap oleh Bulog seperti di Cirebon, Subang, Karawang dan Bandung. Selain itu beras Cianjur dan Ciamis diserap. Target serapan panen dari petani sekitar 170 ribu ton,”ucapnya.

    Faisal mengungkapkan, permintaan penyaluran beras kembali meningkat pada masa bulan November hingga Desember 2022 lalu.

    “Rata rata target tercapai. Tahun lalu kita target 160 ribu an tercapai,”ungkapnya.

    BACA JUGA: Harga Cabai Rawit Merah di Kota Bandung Naik

    Sementara itu Kepala Bulog Bandung Yuliani Alzam mengatakan, operasi pasar komoditas beras di Kota Bandung sudah menyasar 19 kecamatan dan ditargetkan pada tanggal 10 Maret seluruh kecamatan sudah digelar operasi pasar. Termasuk melakukannya di Kota Cimahi.

    Selanjutnya pada tanggal 13 maret akan dilakukan pasar murah dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung.

    “Udah 600 ton untuk operasi pasar,” katanya.

    Ia menambahkan periode Maret hingga April Bulog Bandung akan mendapatkan kiriman beras medium 7.000 ton dan 500 ton diantaranya disalurkan ke Kabupaten Ciamis. Angka tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Bandung Raya.

    ” Selain itu beras premium 100 ton, minyak goreng premium 300 ribu liter, terigu tiga ton, daging kerbau 2,9 ton dan gula 300 ton serta minyakita akan diterima 1.500 kardus lebih,”ucapnya.

    Sedangkan Dewan pengawas bulog

    Donny Gahral mengatakan, sesuai dengan apa yang ditugaskan pemerintah, untuk melakukan stabilisasi harga dan pasokan di setiap wilayah dan kalau lihat di semua wilayah khsuusnya di jabar cukup bagus pelaksanaannya. Ada 20 ton 10 tin sudah dijalankan.

    “Harapan kit jelang puasa harga bisa stabil, masyarakat terbantu memenuhi kebutuhan pokok. Bulog untuk menyalurkan cadangan beras pemeruntah untuk masyarakat 1,2juta ton untuk tahun ini,”kata Donny.

    (Yusuf Mugni/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img