spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Korupsi Tanah, KPK Periksa Mantan Ketua Demokrat DKI dan Politikus PDIP

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: KPK memeriksa Eks Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Santoso dan politikus PDI Perjuangan Cinta Mega.

    Keduanya dalam kapasitasnya sebagai Anggota DPRD pada periode 2014-2019 diperiksa sebagai saksi dugaan korupsi pengadaan tanah Pulogadung, Jakarta Timur.

    “Kedua saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan proses pengusulan dan pembahasan anggaran antara Perumda Sarana Jaya dan DPRD DKI,” ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri, Sabtu (25/2/2023).

    Tak hanya Santoso dan Cinta, KPK juga memeriksa seorang dengan latar belakang wiraswasta bernama Donald Saquarella. KPK mengusut interaksi saksi dengan sejumlah pihak terkait perkara ini.

    BACA JUGA: Mario Dandy Berulang Kali Tendang Kepala Anak Pengurus GP Ansor

    “Selain itu para saksi juga didalami lebih lanjut terkait adanya dugaan aliran uang dalam pengadaan lahan di Pulogebang ke beberapa pihak terkait lainnya,” kata dia, melansir IDN.

    KPK mulai mengusut dugaan korupsi pengadaan tanah di Cakung oleh BUMD DKI Jakarta Sarana Jaya pada 2018-2019. Hingga saat ini, KPK masih mengumpulkan keterangan saksi dan bukti tambahan.

    Meski sudah naik ke tahap penyidikan, KPK belum mengumumkan secara resmi pihak-pihak yang terlibat dalam perkara ini. Hal ini akan dilakukan ketika proses penyidikan cukup.

    Sementara penyidikan berlangsung, KPK masih terus menghitung kerugian negara yang diakinatkan korupsi ini. Sementara, kerugian dari kasus ini telah menjapai ratusan miliar rupiah.

    Dalam proses penyidikan ini, KPK sempat menggeledah sejumlah ruangan di DPRD DKI Jakarta. Ruang kerja yang digeledah antara lain milik Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi dan eks Wakil Ketua DPRD M Taufik.

    Taufik juga pernah diperiksa KPK beberapa waktu lalu. Ia mengaku ditanya penyidik soal proses penganggaran di DPRD DKI.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img