spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Ini Cara Hadapi Quarter-Life Crisis

    BANDUNG,FOKUSJabar.id:  Istilah quarter-life crisis mungkin sudah pernah kamu dengar sebelumnya. Quarter-life crisis merupakan sebuah fenomena kebingungan individu dimana ia harus menentukan pilihan dan jalan hidup mengenai karir, keuangan, pengaturan hidup, dan hubungan.

    Dilansir dari yankes.kemkes.go.id Quarter Life Crisis sendiri merupakan periode dimana manusia mulai masuk masa dewasa. Krisis ini dianggap sebagai masa sulit yang dialami generasi usia 25-30 tahun, dimana kamu mungkin merasakan serangan emosional luar biasa yang datang dari dalam dan luar dirimu.

    Karena itu kamu menjadi cemas, tidak nyaman, kebingungan dengan arah hidup, merasa salah arah dan putus asa. Tidak hanya itu, orang yang mengalami quarter life crisis bahkan kerap mempertanyakan eksistensinya sebagai seorang manusia. Ada juga orang yang sampai merasa bahwa dirinya tidak memiliki tujuan hidup.

    Kehidupan setelah kuliah penuh dengan ketidakpastian, mendorong terjadinya rasa cemas. Kondisi ini dapat berakhir dengan timbulnya gejala depresi dan rasa percaya diri yang fluktuatif.

    BACA JUGA:

    8 Drama Korea Sad Ending yang Wajib Anda Tonton

    Beratnya persaingan dalam dunia kerja, kemajuan hidup teman sebaya, dan terbatasnya sumber pemasukan keuangan menimbulkan perasaan sulit untuk bergabung dalam kegiatan sosial. Sering menjadi masalah umum quarter-life crisis.

    Cara Menghadapi Quarter Life Crisis,

    – Mencintai Diri Sendiri

    Belajar mencintai kelebihan maupun kekurangan diri sendiri, menerima segalanya. Seseorang yang bisa menerima dirinya akan lebih mudah untuk mengontrol emosi, saat sedang sedih, marah, dan kecewa.

    Sering kali Kita dibuat sibuk untuk mencintai orang-orang terdekat Kita dan melupakan bahwa Kita sendiri juga butuh cinta. Bukan dari orang lain, tetapi cinta dari dan untuk diri Kita sendiri. Mulailah mencintai diri sendiri, berhenti memandang buruk diri sendiri, dan coba memprioritaskan diri sendiri

    – Lakukan Tindakan diatas Keraguan

    Ketika kamu bingung akan suatu hal dalam hidup, jadikan itu kesempatan untuk menemukan tujuan baru. Isi hari-hari dengan hal-hal positif untuk menemukan jawaban atas keraguan itu.

    BACA JUGA:

    7 Cara Atasi Gangguan Rasa Cemas Berlebihan

    – Jangan membandingkan diri dengan orang lain

    Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuang-buang waktu dan membuat kamu semakin khawatir. Mulailah cari tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan dalam hidup.

    – Berada di sekitar orang-orang yang bisa mendukungmu

    Berda di dekat orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kamu, atau orang-orang yang bisa menginspirasi dan membuat kamu menjadi orang yang lebih baik. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa sendiri dalam menjalani hidup.

    Berada di sekeliling orang-orang yang bisa mendukung impian dan cita-cita Anda juga bisa menjadi cara untuk menghadapi quarter life crisis.

    – Menjaga kesehatan tubuh

    Jika Kita mencintai diri sendiri, berarti Kita juga harus mengembangkan gaya hidup sehat. Manfaatnya akan sangat terasa pada tubuh termasuk tingkat stres yang berkurang. Tubuh akan lebih glowing dan dapat memancarkan aura positif dari dalam diri Kamu.

    Rajin berolahraga, minum air putih yang cukup, mengonsumsi makanan bernutrisi adalah beberapa cara untuk memberikan cinta pada diri sendiri. Tubuh yang sehat tentu akan menjadi hadiah terbaik dan tidak ternilai untuk Kamu.

    Quarter life crisis bisa menyerang siapa saja, karena memang masalah dalam hidup adalah sesuatu yang sangat wajar. Dalam menghadapi fase ini, kita membutuhkan fisik dan mental yang kuat supaya krisis ini tidak berlanjut lebih jauh.

    (Marliah Sri Nr/Anthik)

    Berita Terbaru

    spot_img