spot_img
Minggu 21 April 2024
spot_img
More

    Twitter Blue Meluncur di Indonesia, Kenali Beberapa Fakta Menariknya!

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Twitter Blue merupakan salah satu aplikasi media sosial yang masih ramai hingga saat ini, sejak hak milik Twitter jatuh ke tangan Elon Musk. Aplikasi ini cukup banyak mengalami perubahan atas kebijakan-kebijakan baru.

    Salah satu kebijakan baru Elon adalah Twitter jenis premium yang bernama “Twitter Blue”. Pengguna dapat berlangganan bulanan sehingga memiliki centang biru dan akses eksklusif ke kustomisasi aplikasi dan dapat lebih bebas berkreasi dalam membuat konten. 

    Berikut ini fitur-fitur, tarif atau biaya untuk berlangganan, cara untuk berlangganan hingga cara membedakan akun centang biru berbayar dan non berbayar.

    Lantas, apa fakta-fakta di balik meluncurnya Twitter Blue? Yuk! Simak rangkumannya di sini!

    1. Fitur-fitur Twitter Blue 

         NFT Profile Pictures

    Pengguna Twitter Blue dapat memamerkan NFT miliknya dengan cara menjadikannya foto profil berbentuk hex. Setelah terhubung ke dompet crypto, pelanggan dapat mengatur NFT sebagai gambar profil yang mengidentifikasi pengguna sebagai pemilik NFT tersebut.

         – Custom app icons 

    Pengguna yang berlangganan dapat melakukan kustomisasi icon pada aplikasi Twitter. Termasuk memilih beberapa opsi warna ikon yang berwarna-warni dan dapat rutin mengecek untuk mengetahui tampilan baru yang tersedia dalam waktu terbatas. 

         – Theme

    Fitur Tema memungkinkan pengguna yang berlangganan memilih dari opsi penuh warna. Untuk penerapan tema aplikasi sehingga dapat menyesuaikan tampilannya dengan keinginan.

         Custom Navigation 

    Pengguna yang berlangganan dapat memilih untuk menampilkan apa saja yang muncul di navigation bar atau deretan tombol navigasi yang ada di bawah. Pengguna dapat memilih setidaknya 2-6 item yang tetap muncul di navigation bar. 

         – Top articles

    Top articles adalah shortcut untuk melihat artikel yang paling banyak di Internet. Pengguna Twitter blue dapat menemukan jenis konten karena fitur ini akan  otomatis menampilkan daftar artikel yang paling banyak oleh yang di follow dan mereka follow. 

    Baca Juga: 5 Channel YouTube Edutainment yang Aman untuk Anak-Anak

         – Reader

    Fitur ini akan memudahkan pengguna yang berlangganan dalam membaca threads yang panjang dengan tampilan yang lebih cantik dan tanpa gangguan. Pengguna cukup mengaktifkan fitur Reader dengan mengetuk ikon Reader di bagian atas threads, atau gunakan untuk mengubah ukuran teks di Twitter. 

         – Bookmark folders

    Fitur ini memungkinkan pengguna yang berlangganan Twitter Blue dapat mengelompokkan dan mengatur Tweet yang telah di-bookmark ke dalam folder. Tanpa ada batasan dan menambahkan bookmark sebanyak mungkin.

         – Edit Tweet

    Pengguna akan mendapatkan kesempatan 30 menit untuk melakukan perubahan terbatas pada tweet yang telah ia publikasikan. Seperti;  memperbaiki typo, menandai orang, atau mengganti media yang telah ia unggah.

         – Undo Tweet

    Fitur ini memungkinkan pengguna Twitter Blue untuk menarik Tweet setelah mengirimkannya, sebelum orang lain melihatnya di Twitter.  Tentunya, fitur ini bukan tombol edit, melainkan kesempatan untuk melihat pratinjau dan merevisi Tweet Anda sebelum mempublikasikannya. 

         – Upload Tweet Lebih Leluasa

    Berbeda dengan pengguna Twitter biasa, Pengguna premium ini dapat meng-upload video berdurasi hingga 1 jam dengan ukuran file 2GB (1080p). Tulisan hingga 4 Ribu Karakter dan membuat tweet yang lebih panjang di kutipan atau balasan.

    2. Biaya Berlangganan

    Berdasarkan daftar harga di laman Help Center, harga berlangganan Twitter Blue di Indonesia untuk pengguna versi Web sebesar Rp 120.000 per bulan, atau Rp 1,25 juta per tahun. Bagi yang mendaftar via Twitter versi web dan untuk pengguna Twitter versi Android dan IOS (mobile), harga lebih mahal, yaitu dengan tarif Rp 165.000 per bulan. 

    Tidak jauh berbeda dengan ketentuan harga untuk yang berlangganan di Amerika Serikat (AS), yaitu sebesar 8 dolar AS (sekitar Rp 121.000) untuk versi web dan 11 dolar AS (sekitar Rp 166.000) untuk versi mobile. 

    3. Cara Berlangganan

    Cara berlangganan agar mendapatkan akun centang biru. Masuk ke aplikasi Twitter atau akses web twitter.com, ketuk “profil”, lalu pilih tombol ‘Twitter Blue’.  Jika tidak menemukannya, klik ikon titik tiga ‘More’ tepat di bawah menu Profil. Kemudian klik ‘settings and support’, ‘settings and privacy’ dan pilih ‘Twitter Blue’. Maka akan muncul halaman tentang harga langganan, 

    Selanjutnya, ketuk ‘Subscribe’, masukkan email dan informasi kartu kredit jika berlangganan melalui web, sementara di ponsel, ikuti petunjuk pembelian dalam aplikasi untuk iOS atau Android. 

    Kemudian, Konfirmasi pembayaran langganan melalui web dan Jika sudah berhasil, cek apakah Twitter Blue sudah aktif dengan cara pergi ke Profil dan pilih ‘Twitter Blue’.

    4. Cara Membedakan Centang Biru

    Tentunya, tidak perlu khawatir terjadinya penipuan karena terdapat cara membedakannya yaitu pengguna yang berlangganan. Akan terlihat keterangan “Akun ini terverifikasi karena telah berlangganan Twitter Blue”. 

    Sedangkan akun centang biru bukan hasil dari berlangganan maka akan terlihat keterangan “Akun ini terverifikasi karena merupakan akun terkemuka dalam kategori pemerintahan, berita, hiburan, atau kategori tertentu lainnya”.

    Namun, jika pengguna telah mendapatkan centang biru sebelum Twitter Blue ini hadir, biasanya muncul tulisan “Akun ini terverifikasi menurut kriteria lama.  Akun ini bisa saja terkemuka atau tidak.”

    Itulah beberapa fakta menarik seputar diluncurkannya Twitter Blue. Jika tertarik dengan fitur premium, mungkin dapat mencobanya untuk berlangganan ya. 

    (Gita Yulia/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img