spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    10 Kebiasaan yang Bikin Kita Cepat Tua, Apa Saja? Yuk Simak Selengkapnya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kebiasaan cepat tua. Menjadi awet muda adalah harapan semua orang. Banyak orang yang melakukan perawatan agar tetap terlihat awet muda, kondisi ini membuat kita terlihat bugar dan sehat. 

    Banyak kebiasaan yang memicu wajah cepat tua. Penuaan kulit merupakan proses alamiah yang terjadi seiring bertambahnya usia. Namun ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bikin kita cepat tua dari usia seharusnya.

    10 Kebiasaan Bikin Kita Cepat Tua 

    1. Kurang Minum air putih 

    Keseringan orang tidak sadar dampak dari kurangnya minum air putih ini. Apabila kita kurang minum air selain buruk untuk kesehatan, itu juga buruk untuk kulit, karena menyebabkan dehidrasi dan kulit menjadi kering.

    2. Kurang Tidur 

    Kualitas tidur yang baik juga mempengaruhi kesehatan kita dan kesehatan kulit. Penyebab awet muda salah satunya adalah memiliki kualitas tidur yang baik. Tidur kurang dari 5 jam dapat menjadi penyebab cepat tua pada wajah. 

    Melansir dari sehatq.com, hal ini karena proses regenerasi sel tubuh jadi terganggu sehingga menyebabkan wajah cepat tua dan tampak lebih kusam. Sedangkan, partisipan yang tidur 7-9 jam memiliki kulit yang lebih awet muda, serta bangun dalam kondisi lebih segar.

    Dalam Clinical and Experimental Dermatology membuktikan bahwa pola tidur kurang dari 5 jam dapat meningkatkan risiko penuaan. Selain itu rusaknya fungsi penghalang kulit (skin barrier).

    3. Lap Wajah Ke Bawah 

    Salah mengelap wajah setelah mencuci muka akan mempengaruhi kulit kita. Apabila anda mengelap wajah ke bawah terlalu keras dengan handuk maka kulit akan turun dan mengendur. Alangkah baiknya ketika mengelap wajah dengan handuk cukup dengan men tap-tap perlahan.

    Baca Juga: Tyo Nugros, Vampir Indonesia Ini Resep Awet Mudanya

    4. Minuman Melalui Sedotan

    Tahukah Anda kebiasaan menyeruput minuman melalui sedotan bisa menjadi penyebab cepat tua pada area wajah. Dalam jangka panjang, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan di area bibir, seperti garis-garis halus atau kerutan di area mulut.

    5. Posisi Tidur Miring atau Menyamping

    Posisi tidur menyamping menjadi penyebab muka cepat tua. Saat tidur dalam posisi menyamping, tekanan pada bantal bisa memunculkan garis-garis halus pada dagu, pipi, ataupun kening.

    Bila kulit mulai kehilangan elastisitasnya, garis-garis halus tersebut akan lebih mudah terlihat. Tidur menyamping bisa memunculkan kerutan di dagu sampai kening. Biasanya ciri penuaan yang muncul karena posisi tidur, terletak pada bagian sisi kening, mulai dari bagian alis sampai ke garis rambut, dan bagian tengah pipi.

    Menurut kesehatan tidur terlentang menjadi pilihan untuk menghindari penuaan kulit di wajah. Selain itu, manfaat tidur terlentang juga dapat mengurangi tekanan akibat sakit kepala, serta menyelaraskan tulang belakang.

    6. Sering Stres

    Stres dapat menjadi penyebab muka cepat tua dan tampak kusam. Saat stres otak akan melepas hormon kortisol. Hormon ini dapat melemahkan kolagen sehingga membuat kulit Anda menjadi lebih cepat tua.

    Oleh karena itu, sebaiknya anda mengenali faktor yang membuat Anda sering merasa stres, serta mencari tahu langkah untuk menangani kondisi stres tersebut. Seperti mendengarkan musik, mengatur napas, atau berolahraga.

    7. Sering Menggosok Mata

    Menggosok mata terlalu sering bikin cepat tua karena memunculkan mata panda, sekaligus mempengaruhi penampilan wajah Anda secara keseluruhan. 

    8. Tidak Menggunakan Sunscreen 

    Tidak menggunakan sunscreen atau tabir surya sebagai bagian dari perawatan kulit dasar sehari-hari bisa menyebabkan kulit kita keriput.

    Penggunaan sunscreen sangat penting dalam mencegah beberapa masalah kulit, seperti sensasi kulit terbakar pada kulit (sunburn), menangkal tanda-tanda penuaan dini, hingga menurunkan risiko kanker kulit. 

    Anda harus jeli dalam membeli sunscreen yang cocok dengan kulit anda. Dan memilih sunscreen yang benar harus melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet A dan B (UVA dan UVB). 

    9. Penggunaan Produk Anti Penuaan yang Salah

    Pastikan Anda memakai produk perawatan anti penuaan dalam bentuk krim atau serum wajah, bukan produk sabun pembersih muka.

    Melansir dari sehat.com menurut ahli kulit dari Departemen Dermatologi St. Louis University. Sabun pembersih wajah dengan bahan anti penuaan biasanya tidak memiliki kadar konsentrasi yang cukup tinggi. Kadar untuk memperbaiki masalah kulit yang dialami sehingga tidak dapat memberikan hasil yang signifikan pada wajah.

    Baca Juga: 8 Rekomendasi Lagu Indonesia yang Memaksa untuk Galau

    10. Ragam Minuman dan Makanan

    Selain berbagai kebiasaan di atas, penyebab cepat tua pada wajah pemicunya juga oleh konsumsi minuman dan makanan yang bikin cepat tua. 

    Dilansir dari sehat.com, jenis minuman dan makanan yang bikin cepat tua misalnya, minuman atau makanan tinggi gula, makanan tinggi garam, daging merah, makanan pedas, pembakaran makanan, minuman berkafein, minuman beralkohol dan olahan produk susu.

    Nah Anda bisa menghindari berbagai kebiasaan cepat tua di atas serta praktikkan tips awet muda untuk mencegah penuaan dini. Pencegahan dengan cara melakukan pola hidup sehat, seperti berolahraga, banyak minum air putih, dan imbangi dengan pola makan sehat sebagai makanan anti aging

    (Marliah/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img