spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Tak Terima Pernyataan Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya, Sejumlah Kades Ontrog Kantor KPU

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Tak terima  ucapan salah seorang Komisioner KPU, 14 kepala desa (Kades) dari Kecamatan Karangnunggal, mendatangi kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya, Jalan Raya Timur Singaparna, Rabu (1/2/2023).

    Mereka yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Karangnunggal itu, menegaskan jika para kades tidak menerima apa yang telah disampaikan salah seorang Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya, pada saat acara pelantikan kesekretariatan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kecamatan Karangnunggal beberapa waktu lalu.

    Ketua DPK APDESI Kecamatan Karangnunggal, Iman Surohiman mengatakan, selain dalam rangka silaturahmi, para kades ini meluapkan ketidakpuasan terhadap pernyataan yang dilontarkan oleh salah seorang komisioner KPU yang dinilai telah menyudutkan semua kepala desa di Kecamatan Karangnunggal.

    BACA JUGA: Kondisi Keuangan Kota Tasikmalaya Mengkhawatirkan

    “Ia menyebutkan, para kepala desa banyak uang dan anggaran, dengan adanya alokasi dana desa (ADD) atau anggaran yang ada di desa. Dan ia juga melontarkan kalau kades tidak membantu suksesnya Pemilu,” tutur Iman.

    “Kami datang ke KPU menyampaikan aspirasi para kepala desa di Kecamatan Karangnunggal dan kami minta klarifikasi,” sambung dia.

    Iman menyebutkan, yang paling tidak diterima dari pernyataan Komisioner KPU perempuan itu adalah, kepala desa disangka tidak memfasilitasi suksesnya Pemilu. Kemudian, Kades disebut banyak uang/anggaran. 

    “Itu apa hubungannya?” ucap Iman. 

    Yang jelas tegas dia, pemerintah desa pada intinya, selama ini ikut bersama-sama menyukseskan Pemilu sesuai kewenangan dan aturan serta perundang-undangan yang ada.

    Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin yang menerima langsung kedatangan ke-14 Kades itu,  menyampaikan permohonan maaf atas penyampaian salah seorang komisioner KPU pada saat sambutan pelantikan kesekretariatan PPS.

    “Kami menerima silaturahmi para Kades, namun belum bisa membeberkan secara gamblang terkait penyampaian komisioner kami, saat pengukuhan PPS di Kecamatan Karangnunggal,” kata Zamzam.

    Namun terang dia, selaku pimpinan KPU yang mewakili seluruh komisioner, menyampaikan permohonan maaf kepada DPK Apdesi Kecamatan Karangnunggal termasuk para kepala desa di dalamnya, atas penyampaian sambutan atau pernyataan Komisioner KPU dimaksud.

    BACA JUGA: Program Petani Milenial Ridwan Kamil Disebut Sangat Berantakan

    Dia menambahkan, kejadian tersebut tentu akan menjadi catatan bagi KPU Kabupaten Tasikmalaya agar lebih baik lagi kedepannya. 

    “Silaturahmi para kades dari Kecamatan Karangnunggal ini membawa hikmah tersendiri, intinya semua mempunyai keinginan yang sama yakni Pemilu sukses dan berintegritas,” ujar Zamzam. 

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img