spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Ini Penyebab Minyak Goreng Langka di Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Minyak goreng bersubsidi brand Minyak Kita di Kota Bandung langka. Hal itu disebabkan tingginya permintaan. Namun demikian, minyak goreng subsidi lainnya dipastikan aman.

    “Minyak Kita memang mulai berkurang ketersediaannya. Ini kita pastikan setelah kita cek kedua distributor Minyak Kita. Ada stok, tetapi jauh berkurang,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah, Rabu (1/2/2023).

    Menurutnya, minyak goreng langka disebabkan oleh banyaknya perminataan di kota Bandung, sedangkan stok di pedagang berkurang signifikan.

    BACA JUGA: Mendag: Harga Minyak Goreng Rp 14 Ribu Seluruh Indonesia

    Namun demikian, minyak goreng bersubsidi dalam kemasan plastik dipastikan tersedia. Masyarakat dapat membeli minyak kemasan plastik, dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

    “Minyak Kita kita akui dikemas jauh lebih menarik, dan kualitasnya lebih baik. Minyak Kita lebih jernih dari minyak kemasan plastik yang diberi karet itu. Jadi memang, Minyak Kita sangat diminati masyarakat sehingga menjadi langka,” ucapnya.

    Elly menyebut, masyarakat dapat memanfaatkan minyak bersubsidi kemasan plastik untuk menyiasati kelangkaan Minyak Kita. Adapun harga minyak goreng kemasan plastik dibanderol Rp 15.500 per kilogram.

    BACA JUGA: Kelangkaan Minyak Kita, Pemkot Bandung Minta Kemndag Turun Tangan

    “Lalu jenis minyak goreng premium pun saat ini terbilang murah. Ada banyak diskon, dan potongan harga. Contoh minyak goreng premium dua liter dihargai Rp 30.000. Artinya satu liter itu Rp 15.000. Kan tidak jauh dari harga minyak goreng bersubsidi,” ujarnya.

    Oleh karena itu, pihaknya memastikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sementara ini belum berencana menggelar operasi pasar untuk mengatasi kelangkaan Minyak Kita. Sebab, minyak goreng subsidi lainnya masih tersedia.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img