spot_img
Jumat 12 Agustus 2022
spot_img
More

    Mendag: Harga Minyak Goreng Rp 14 Ribu Seluruh Indonesia

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan, harga minyak goreng curah di seluruh Indonesia serentak di angka Rp 14 ribu per liter.

    Bahkan, Zulkifli mengklaim harga minyak goreng di beberapa daerah sudah ada yang di bawah Rp 14 ribu per liter.

    Hal tersebut ia sampaikan saat hadir dalam rapat terbatas yang digelar tertutup bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (4/8/2022).

    “Minyak goreng udah di bawah Rp 14 ribu, yang curah ya. Kalau yang brand kan masing-masing,” kata Zulkifli.

    BACA JUGA: Komnas Ham Sebut Bharada E Akui Tembak Brigadir J

    Zulkifli mengaku telah melaporkan secara khusus kepada Jokowi bahwa harga minyak goreng curah sudah berada di angka Rp 14 ribu per liter khusus Jawa-Bali.

    Namun di luar Jawa-Bali, Zulkifli mengaku harga masih bergerak bervariasi.

    “Tinggal Papua, Sulawesi, Maluku. Dua minggu sudah [turun],” kata Zulkifli, seperti dilansir IDN.

    Terkait harga migor di wilayah Timur Indonesia yang masih terlampau mahal, otoritas perdagangan memastikan akan menggelontorkan sekitar 1.000 ton minyak goreng ke tanah Maluku dan Papua.

    “Jadi dua minggu lagi saya kira sudah sama. Sekarang Rp 17 ribu di Maluku. Dua minggu lagi kalau masuk empat jenis barng itu, karena di Papua enggak bisa curah kan, dia harus kemasan. Nah kemasannya baru. Jadi kemasan sederhana,” kata Zulkifli.

    Sebagai informasi, Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat, harga rata-rata nasional minyak goreng curah pada 3 Agustus 2022 turun Rp200 jari Rp14.200 per liter.

    Dimana, target Presiden Jokowi adalah harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kg.

    Sementara itu, harga migor kemasan sederhana pada 3 Agustus 2022 terpantau bertengger di Rp18.900 per liter sedangkan kemasan premium turun Rp100 jadi Rp23.100 per liter.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img