spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Kelangkaan Minyak Kita, Pemkot Bandung Minta Kemndag Turun Tangan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Yana Mulyana akan mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk menyalurkan lebih banyak minyak goreng merek Minyak Kita di Kota Bandung. Selanjutnya, akan operasi pasar akibat kelangkaan Minyak Kita.

    “Ya, mudah-mudahan nanti kita bisa minta lagi ke Kemendag, mudah-mudahan bisa ada suplai lagi untuk operasi pasar,” kata Yana Mulyana di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jabar Selasa (31/1/2023).

    Yana menyebut, kelangkaan Minyak Kita di Kota Bandung disebabkan jelang hari besar keagamaan. Selain itu, 96 persen bahan pokok yang ada di Kota Bandung berasal dari luar.

    BACA JUGA: Mendag: Harga Minyak Goreng Rp 14 Ribu Seluruh Indonesia

    “Ya mungkin biasa menjelang hari besar keagamaan. Kan sekarang 96 persen kebutuhan kita dari luar, tapi tentunya kita berupaya menjaga stok setiap komoditas menjaga harga,” ucapnya.

    Yana mengaku kewenangan penyaluran Minyak Kita berada di tingkat pemerintah pusat. Oleh karena itu, Pemkot Bandung mendorong agar suplai lancar.

    “Kita minta suplainya, kalau suplai demand, demandnya naik, suplainya kurang, harga naik,” katanya.

    Yana mengungkapkan, permintaan minyak goreng dan bahan pokok lainnya tiap jelang hari besar keagamaan naik. Sementara itu, stok beras di Kota Bandung aman untuk tiga bulan ke depan.

    BACA JUGA: PenculikanWali Kota Bandung Minta Warga Tidak Panik

    Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, Pemkot Bandung akan menggelar Pasar Murah di 30 Kecamatan dan 151 Kelurahan menjelang Bulan Suci Ramadan pada Maret 2023 mendatang.

    “Pasar murah akan kita gelar sebelum Ramadan sekitar Maret. Paling telat minggu kedua Maret kita akan gelar pasar murah di 30 kecamatan menjelang dan pada saat Ramadan. Ada juga kerjasama antara distributor Wagros (Warung Grosir) dan PKK akan menggelar pasar murah di 151 kelurahan,” kata Elly.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img