spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    Pemkab Tasikmalaya Andalkan GenRe Untuk Ciptakan Keluarga Bahagia dan Sehat

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Sosial  Dan DPPKB3A Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana andalkan Generasi Berencana (GenRe) untuk membentuk keluarga yang bahagia dan sehat. 

    Menurutnya, GenRe ini merupakan kelompok remaja yang memiliki perencanaan dalam membangun ketahanan keluarga kedepan.

    “Mereka ini menjadi contoh dan sekaligus pelaku dalam merencanakan segala sesuatunya sebelum memutuskan untuk membina keluarga kedepan,” kata Dadan dalam acara Apresiasi para generasi muda berencana (Genre) tersebut digelar di Grand Metro, jalan HZ Mustofa Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya Selasa (23/01/23).

    BACA JUGA: Imlek 2023, Plaza Asia Tasikmalaya Gelar Atraksi Barongsai

    Untuk diketahui GenRe merupakan program inovasi dari BKKBN yang mampu menghasilkan generasi muda yang berkarakter dan berkualitas dalam membangun sebuah keluarga yang sehat dan berkualitas.

    Menurutnya, jika dimulai dari sejak remaja melakukan perencanaan sebelum memutuskan berkeluarga tentu kedepannya, semua keluarga di Kabupaten Tasikmalaya akan lebih berkualitas dan bermartabat.

    “GenRe berperan penting dalam membangun sebuah keluarga yang berkualitas, mereka membantu pemerintah daerah dalam menunda generasi muda untuk melakukan pernikahan di usia muda,”ujarnya.

    Dia menambahkan, GenRe Kabupaten Tasikmalaya ini menjadi duta bagi masyarakat khususnya dikalangan remaja dalam memberikan pemahaman-pemahaman tentang bagaimana seharusnya berkeluarga.

    “Generasi berencana ini mampu mengedukasi ke kalangan remaja, bagaimana seharusnya berkeluarga, pernikahan yang ideal dan apa saja yang harus dipersiapkan saat berkeluarga sehingga kedepannya, Keluarga tidak menghadapi masalah,” kata Dadan

    “Jika mempunyai perencanaan pernikahan, ini akan menyangkut terhadap tingkat dan derajat kesehatan keluarga, tentu mampu menurunkan angka stunting di Kabupaten Tasikmalaya, lebih jauhnya lagi mampu meningkatkan kualitas hidup bangsa,” kata dia menambahkan.

    BACA JUGA: Pengadilan Agama Kabupaten Tasikmalaya Catat Puluhan Permohonan Dispensasi Nikah

    Lanjut Dadan, genre memiliki tugas pokok dalam mewujudkan generasi muda berkualitas yang bebas dari pernikahan dini, seks bebas dan terhindar dari penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.

    “Hal-hal ini harus dicegah mulai sekarang, jika tidak dikhawatirkan kualitas rumah tangga khususnya di Kabupaten Tasikmalaya akan rapuh,” katanya. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img