spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Disperindag Jabar Beri Fasilitasi Komplit untuk 510 Petani Milenial dan IKM

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi (Disperindag) Jawa Barat melaksanakan penyerahan fasilitasi Kekayaan Intelektual (KI) Merek, Sertifikasi Halal, Desain Kemasan, dan Pameran Dalam Negeri kepada ratusan Petani Milenial dan Industri Kecil Menengah (IKM).

    Penyerahan diberikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Rabu (28/12/2022).

    Kegiatan yang sama dilakukan di UPTD Industri Pangan Olahan dan Kemasan (IPOK) Disperindag Jabar.

    BACA JUGA: Portable Fire Pump, Alat Pemadam kebakaran yang Bisa Digondong Karya Unpas

    Ridwan Kamil mengatakan, fasilitasi diberikan kepada para petani milenial dan ILM untuk merespon potensi resesi, tahun depan.

    “Untuk meneruskan kesuksesan ekonomi 2022, kita mengajak warga Jawa Barat untuk terus melakukan aktivitas ekonomi, berinovasi dan melakukan sebuah revolusi yaitu kembali ke desa,” katanya.

    Menurutnya, di masa depan akses internet dan teknologi maka petani-petani milenial di Jabar akan jadi wajah teladan bagi generasi baru.

    “Tinggal hanya bisa di desa rezekinya sama seperti di kota, tidak setress enak tapi penghasilannya sama dengan kota dan dengan e commerce bisa bisnisnya mendunia,” ujarnya.

    Peran yang sama juga menurutnya dipikul IKM di Jabar yang jumlahnya hampir 300.000. “Itu juga adalah tulang punggung dari suksesnya 60% industri yang ada di Jawa Barat,” katanya.

    Kepala Disperindag Jabar, Iendra Sofyan mengatakan, sebagai dinas pendukung di bagian hilir, pihaknya bekerjasama dengan sekretariat petani milenial telah melakukan beberapa kegiatan untuk mendukung program Petani Milenial.

    Diantaranya adalah Kurasi, Sertifikasi Halal, HKI Merek, Desain dan Cetak Kemasan, Pelatihan Ekspor serta Pameran Dalam & Luar Negeri.

    Di sisi lain, untuk memfasilitasi IKM di luar Petani Milenial, Disperindag Jabar juga memberikan fasilitasi yang sama kepada beberapa IKM

    “Hasil dari kurasi dan fasilitasi yang telah dilakukan tersebut diserahkan dengan mengundang 510 peserta yang terdiri dari 199 Petani Milenial dan 311 IKM di Jawa Barat,” katanya.

    Penyerahan fasilitasi yang dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Barat kepada 4 perwakilan Petani Milenial dan 4 perwakilan IKM.

    “Adapun terdapat 302 fasilitasi yang terbagi menjadi 125 KI merek, 50 sertifikasi halal, 100 desain kemasan dan 27 pameran dalam negeri yang diberikan kepada 199 Petani Milenial,” tuturnya.

    Sementara untuk IKM, diberikan 311 fasilitasi yang terbagi menjadi 125 KI merek, 60 sertifikasi halal, 125 desain kemasan dan 1 pameran dalam negeri.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img