spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Portable Fire Pump, Alat Pemadam kebakaran yang Bisa Digondong Karya Unpas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Fakultas Teknik Universitas Pasundan (Unpas) kembali meciptakan inovasi teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat.

    Kali ini dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Unpas untuk menciptakan alat pemadam kebakaran bernama Portable Fire Pump.

    Sebagai informasi, saat ini teknologi seperti wind tunnel maupun robot pemadam untuk mendeteksi dan memadamkan titik api telah banyak dikembangkan. Namun, tetap memerlukan bantuan mobil pemadam kebakaran.

    Sedangkan, Portable Fire Pump yang memiliki ukuran yang compact dan dapat digendong, sehingga mudah dibawa ke daerah perhutanan dan permukiman padat penduduk yang sulit dijangkau pemadam kebakaran.

    BACA JUGA: Lecehkan Pegawai, Camat di Kota Bandung Dibebastugaskan

    “Portable Fire Pump memiliki ukuran yang compact dan dapat digendong. Beratnya hanya 13 kilogram, jadi lebih mudah dibawa ke daerah perhutanan dan permukiman padat penduduk yang sulit dijangkau pemadam kebakaran,” kata Ketua Tim Riset, Farid Rizayana, Rabu (28/12/2022).

    Dari hasil uji coba, Portable Fire Pump dipsangkan mesin 2 tak 80 cc, pompa feeder, pompa booster, selang 30 meter, dan air 80 liter/menit dapat memancarkan air sejauh 25 meter dan tinggi 20 meter.

    “Portable Fire Pump menggunakan bahan bakar bensin 2 tak dengan daya tampung tangki sekitar 1 liter. Kalau bahan bakarnya penuh, alatnya bisa bertahan selama 1 sampai 1,5 jam,” kata dia.

    Dimensi dan berat juga sudah dinilai compact dan sesuai dengan postur tubuh orang dewasa, sehingga tidak sulit untuk dibawa atau dioperasikan.

    Portable Fire Pump idealnya ditempatkan di lokasi yang dekat dengan hutan atau di masing-masing RT, agar saat terdeteksi kebakaran alat ini bisa segera digunakan untuk mencegah kebakaran semakin meluas.

    Secara keseluruhan, baik dari segi desain maupun ergonomi, Portable Fire Pump sudah cukup sempurna. Komponen yang digunakan juga disesuaikan dengan standar nasional.

    Dibanding mobil pemadam kebakaran, perawatan Portable Fire Pump jauh lebih mudah, hanya perlu mengganti oli dan kopling secara berkala.

    “Portable Fire Pump telah mendapat lisensi hak paten. Tahun depan rencananya akan dikomersialisasikan melalui perusahaan rintisan yang dikelola mahasiswa di bawah arahan Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis Unpas,” lanjutnya.

    Tidak hanya sebagai alat pemadam kebakaran, Portable Fire Pump juga bisa difungsikan untuk aktivitas lain yang memerlukan air dengan jangkauan cukup jauh.

    Portable Fire Pump merupakan hasil riset dosen Unpas, Farid Rizayana, Herman Soemantri dan Ir. Erwin M. Pribadi, melalui program Riset Keilmuan Akademik (Dikti) tahun 2022 yang didanai LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan).

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img