spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    bank bjb Dorong KPR Sejahtera FLPP dan Tapera 2023

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: bank bjb berkomitmen terus memudahkan masyarakat memiliki rumah dengan harga terjangkau melalui penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Tapera Tahun 2023.

    KPR Sejahtera FLPP adalah program kredit pemilikan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikelola oleh BP Tapera dan disalurkan salah satunya melalui bank bjb.

    Komitmen bank bjb dibuktikan dengan penandatanganan PKS KPR Sejahtera FLPP & Penyalur Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) Tahun 2023, di Jakarta, Rabu (28/12/2022).

    BACA JUGA: Tingkatkan Ekonomi Desa, bank bjb Dorong Desa Digital di Kabupaten Bandung

    Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini mengatakan bank bjb telah menyalurkan KPR Sejahtera FLPP sejak 2016 dengan pencapaian sebesar Rp3,2 trilyun kepada 23.347 nasabah.

    Adapun penyaluran KPR sejahtera FLPP selama 3 tahun terakhir yakni pada 2020 sebanyak 5.359 nasabah atau 101,59 persen dari target, pada 2021 sebanyak 5.829 nasabah atau 102,2 persen dari target, serta sebanyak 8.343 nasabah atau 100 persen dari target.

    “Melalui penyaluran KPR Sejahtera FLPP dan Tapera Tahun 2023, bank bjb mendukung pemerintah khususnya Kementerian PUPR guna memudahkan masyarakat memiliki rumah idaman dengan harga terjangkau,” kata Suartini.

    Tidak hanya itu, bank bjb pun berpartisipasi dalam penyaluran Pembiayaan Perumahan Tapera sejak tahun 2022. Pembiayaan Perumahan Tapera adalah pembiayaan untuk pemilikan rumah, pembangunan rumah atau perbaikan rumah bagi peserta Tapera.

    Berdasarkan PP 25/2020, program Tapera ditujukan untuk seluruh pekerja di Indonesia, baik di bawah pemerintah maupun swasta.

    BACA JUGA: Warga Desa Sukasukur Tasik Tolak Perumahan

    Para pekerja di bawah pemeritah, seperti PNS, TNI dan Polri. Kemudian, pegawai badan usaha milik negara (BUMN), dan badan usaha milik daerah (BUMD).

    Sementara, untuk pekerja swasta dan mandiri, penerapan iuran Tapera ini dilakukan maksimal tujuh tahun sejak BP Tapera beroperasi. Artinya, pekerja swasta baru diwajibkan mengikuti program tabungan rumah ini pada 2027 mendatang.

    “bank bjb berhasil menyalurkan pembiayaan perumahan Tapera tahun 2022 sebesar Rp4,29 milyar dan akan kita tingkatkan penyalurannya di tahun 2023,” kata Suartini.

    bank bjb memiliki program unggulan KPR melalui bjb KPR Membumi, yakni pemberian suku bunga promo sebesar 5,25 persen fixed 2 tahun kepada debitur yang melakukan pembelian rumah tapak dari pengembang yang telah menjalin kerjasama dengan bank bjb.

    Ada juga bjb KPR Gaul, yakni program yang didedikasikan khusus untuk para milenial. Melalui program ini, bank bjb mempersembahkan kemudahan akses pembiayaan kepemilikan rumah sekaligus meringankan beban pemuda Indonesia dalam memikul impian akan kepemilikan hunian ideal.

    “bank bjb memudahkan masyarakat Indonesia khususnya anak muda generasi milenial mewujudkan mimpi memiliki rumah ideal sejak dini,” kata Suartini.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img