spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Wagub Jabar Tinjau Bantuan Reefer Container dan Air Blast Freezer Bapanas

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Koperasi Peternak Oenggas Priangan (KPOP) menerima bantuan Reefer Container dan Air Blast Freezer dari Badan Pangan Nasional (Bapanas).

    Ketua KPOP, Jogin Setiadin mengatakan, Reefer Container dan Air Blast Freezer merupakan bantuan untuk mendukung sarana prasarana pemantapan ketersedian serta stabilitas pangan.

    BACA JUGA: Motif Pelaku Potong Alat Kelamin Anak Di Kabupaten Tasikmalaya Terungkap

    Pihaknya mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapanas yang telah memberikan bantuan Reefer Container dan Blast Freezer.

    “Terima kasih Bapanas atas perhatian dan bantuannya,” kata Jogin Setiadin di tempat pemotongan ayam Jabal Nur, Sukamulya Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar), Jumat (23/12/2022).

    Jogin menyebut, bantuan Reefer Container dan Air Blast Freezer sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan higienis daging.

    “Priangan Timur merupakan produsen daging ayam kedua di Indonesia dan posisinya ke satu untuk peternakan rakyat. Jadi sangat tepat pemerintah hadir di tengah-tengah kami,” kata Dia.

    Dia mengatakan, alat tersebut akan diaplikasikan di banyak tempat. Pasalnya, ayam yang diproduksi di sini untuk konsumsi lokal dan dikirim ke luar negeri.

    “Ini bisa menjadi satu percontohan. Alat ini akan dioptimalkan agar bisa memberikan manfaat yang lebih besar,” tegasnya.

    Pemberian bantuan Reefer Container dan Air Blast Freezer ditinjau langsung Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Umum, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Mohamad Arifin Soedjayana dan Sekda Ciamis, Tatang.

    Wagub mengatakan, alat tersebut bisa untuk menampung 10 ton ayam beku program KPOP.

    BACA JUGA: Dua Orang Tersangka Korupsi Dana Hibah Banprov Jabar 2020 Ditahan

    “Alat ini untuk penguatan stok dan ketahanan pangan,” kata Uu.

    Menurut Uu, Bapanas memberikan bantuan tersebut  karena wilayahnya merupakan salah satu lumbung pangan penting bagi Indonesia.

    Potensi tersebut perlu didukung sarana-prasarana dengan teknologi yang memadai. Dengan begitu, komoditas yang diproduksi dapat memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi dan gizi masyarakat, stabilitas serta ketahanan pangan.

    “Terima kasih telah memberikan bantuan,” ungkap Uu.

    Uu mengatakan, dalam peningakatan kesejahteraan petani, peternak dan nelayan dibutuhkan sarana-prasarana logistik pangan.

    Senada disampaikan Sekda Ciamis, Tatang. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bapanas atas bantuannya.

    “Atas nama Pemkab Ciamis, Kami ucapkan terima kasih atas bantuannya. Ini sangat mendukung sarana prasana untuk pemantapan ketersediaan dan stabilitas pangan,” kata Sekda.

    Hadir pada kesempatan itu, para Srikandi Motekar (marketing daging ayam) rekrutan Ketua KPOP.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img