spot_img
Senin 30 Januari 2023
spot_img
More

    Wakil Bupati Tasikmalaya Ingatkan Tugas Pendidik Tak Sebatas Cetak Murid Pintar

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin menegaskan pentingnya mewujudkan peserta didik yang pintar dan cerdas.

    Namun lanjut dia, ada yang lebih penting di atas keduanya, yakni adab dan akhlak. 

    Sebab tidak ada ada artinya kepintaran atau kecerdasan jika tidak memiliki kedua hal tersebut. 

    BACA JUGA: Asesmen Lokasi Kebakaran, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Ajukan Revitalisasi

    Hal itu dikemukakan Cecep, menyusul acara Diklat Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Model Pembelajaran Berbasis Projek Bagi Guru SD Tasikmalaya, di Hotel Harmoni Kota Tasikmalaya, pada Senin pekan lalu.

    Menurutnya, ilmu dapat membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain jika tidak dibarengi dengan akhlak yang baik serta adab. Maka itulah pentingnya pendidikan dibarengi dengan akhlak dan adab.

    “Beberapa hari ke belakang, saya lihat ada robot yang pintar dan cerdas sekali, sayang robot tidak memiliki akhlak. Maka kalau hanya tujuannya ingin mencerdaskan ya contohlah robot, ilmunya tersimpan di flashdisk tetapi tidak ada adab,” kata Cecep Nurul Yakin, Selasa (20/12/2022). 

    Artinya, lanjut dia, mengajar tidaklah sekedar mentransfer ilmu pengetahuan dari pendidik ke peserta didik, tetapi juga harus dibarengi dengan transfer pemahaman mengenai hakikat hidup seorang manusia yang baik.

    “Selain memiliki keyakinan terhadap sang pencipta (Khaliq), bagaimana agar manusia memiliki kesadaran untuk menjaga hubungan antar sesama manusia. Artinya bagaimana setiap langkah dapat diukur dari aspek kemanusiaan,” ujar Cecep Nurul Yakin.

    Lebih lanjut Cecep mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada para guru, yang selama ini menjadi barisan terdepan dalam mendidik generasi muda.

    Guru terang dia, merupakan gudang ilmu untuk mendidik dan mencetak generasi bangsa yang cemerlang.

    BACA JUGA: Yudo Margono Bakal jadi Panglima TNI Kurang dari Setahun

    “Saya Wakil Bupati Tasikmalaya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, menghaturkan terima kasih untuk para guru dan para tenaga pendidik yang terus berjuang tanpa lelah. Semoga jasa-jasa bapak dan ibu sekalian, menjadi amal baik di dunia dan di akhirat,” tutur Cecep.

    “Dedikasi para guru, jika diukur dengan nominal yang diberikan negara saat ini, tentu saja tidak akan setimpal,” sambung dia.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img