spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Gelar Aksi Peduli, LG Fokus Higienitas Pengungsi Terdampak Gempa Cianjur

    CIANJUR,FOKUSJabar.id: PT. LG Electronics Indonesia (LG) menggelar layanan cuci pakaian gratis bagi masyarakat terdampak gempa Cianjur. Dibawah pilar corporate social responsibility perusahaan, LG Loves & Cares, perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini menggelar tenda kepedulian dengan layanan yang berfokus pada higienitas masyarakat di pengungsian.

    Layanan utama tenda kepedulian LG ini berupa ketersediaan fasilitas cuci pakaian secara cuma-cuma. Disamping itu, LG juga memberikan dukungan unit TV LG dan juga freezer yang harapannya dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan bagi kebutuhan pengungsi.

    “Mesti hidup dalam tenda sebagai pemukiman sementara, akan membuat higienitas menjadi masalah rentan yang bakal dialami masyarakat terdampak bencana gempa,” ujar President of LG Electronics Indonesia Lee Taejin dalam rilis yang diterima, Kamis (12/8/2022).

    BACA JUGA: MUI Jabar: Jangan Anggap Gempa Cianjur Sebagai Azab

    Dengan kondisi serba terbatas, menurutnya lagi, hal terkait higienitas inilah yang kerap lepas dari perhatian para pengungsi diantara kebutuhan lainnya. 

    “Maka kami berharap, dukungan ini dapat membantu meringankan beban pengungsi utamanya dalam hal penjagaan higienitas,” ujar Lee Taejin.  

    Bencana gempa di Cianjur 21 November lalu telah membuat sebagian masyarakat Cianjur mesti hidup dalam tenda pengungsian sebagai pemukiman sementara. Badan Nasional Penanggulangan Bencana sendiri mencatatkan jumlah pengungsi terdampak gempa Cianjur mencapai 73,874 jiwa yang terhitung hingga 27 November lalu. Jumlah tersebut tersebar pada 325 titik pengungsian.

    Untuk menjalankan layanan cuci pakaian gratis ini, LG membawa enam unit mesin cuci dengan kapasitas 14 kilogram. Dengan jumlah tersebut, perusahaan mengharapkan dapat memberi layanan pada lebih dari 100 orang setiap harinya. Meskipun dikatakan, LG tak bakal membatasi jumlah cucian masing-masing orang yang memanfaatkan jasa ini.

    Lebih lanjut dikatakan, dalam memberikan layanan cuci pakaian gratis ini, LG juga bakal berupaya menerapkan berbagai kemudahan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerumunan. Termasuk diantaranya, merancang masyarakat dapat datang dan hanya mendaftarkan cucian pada petugas di tenda.

    Saat pakaian kemudian selesai dicuci, petugas akan membantu mengantarkannya atau yang bersangkutan dapat mengambilnya kembali di tenda layanan cuci gratis LG.

    “Rancangan ini kami terapkan untuk tetap mengupayakan protokol kesehatan berjalan sehingga dapat mencegah timbulnya persoalan kesehatan lain nantinya,” ujar Jay Jang, Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia.   

    Tenda kepedulian LG Loves & Cares ini dikatakan akan memberikan layanan sepanjang sepuluh hari penuh terhitung dari dimulainya tanggal 5 Desember 2022. Namun demikian, dikatakan Jay Jang, hal ini merupakan perencanaan awal yang dapat berubah sesuai dengan dinamika pelaksanaannya di lokasi.

    “Sepanjang pelaksanaan kami akan memantau dan sangat terbuka opsi untuk memperpanjang atau mengembangkan aksi kepedulian ini sesuai dinamika pemulihan masyarakat disana,” ujar Changdae Son, Customer Service President of LG Electronics Indonesia.

    Lebih lanjut ia berharap dukungan LG ini dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat terdampak bencana gempa ini. 

    Selain itu, LG pula memberikan peluang bagi masyarakat sekitar untuk dapat melakukan perbaikan perangkat elektronik LG miliknya yang mengalami kendala. Khusus untuk program ini, sasarannya lebih luas, juga meliputi masyarakat sekitar yang tak langsung terdampak.

    Bagi program perbaikan perangkat elektronik LG ini, perusahaan memberikan potongan setengah harga bila memang dibutuhkan penggantian suku cadang. Sementara bagi perbaikan yang tak membutuhkan penggantian, LG tak membebankan biaya jasa teknisi.

    Berita Terbaru

    spot_img