spot_img
Senin 30 Januari 2023
spot_img
More

    Jeddah Banjir, Tak Ada WNI Jadi Korban

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, menyatakan, tidak ada WNI yang menjadi korban dalam bencana banjir di Jeddah, Arab Saudi.

    Sebelumnya, Badai menerjang Jeddah, Arab Saudi, pada Kamis (24/11/2022). Cuaca buruk dengan hujan intensitas tinggi itu menyebabkan beberapa daerah di Arab Saudi terendam banjir.

    Judha mengatakan, hujan yang berlangsung selama sekitar empat jam, dari jam 08.00 pagi hingga siang hari ini menewaskan dua orang warga Arab Saudi.

    “Dalam pantauan KJRI Jeddah, situasi saat ini sudah berangsur normal, sebagian besar ruas jalan yang terdampak sudah menyusut, sehingga tinggal beberapa titik seperti underpass yang terlihat masih terdapat genangan air yang cukup dalam,” kata Judha, Sabtu (26/11/2022).

    BACA JUGA: Toby Penguin Mendadak Jadi Bintang Piala Dunia 2022

    KJRI Jeddah terus memantau situasi dan membuka hotline aduan bagi WNI melalui nomor +966 503 609 667 terkait banjir Jeddah.

    Pemerintah Arab Saudi sendiri pada sehari sebelumnya telah memberikan peringatan akan potensi turunnya hujan deras dan mengumumkan bahwa sekolah diliburkan keesokan hari.

    Jeddah banjir juga menyebabkan akses jalan menuju Mekkah sempat ditutup sementara.

    Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi menyebut curah hujan wilayah selatan Jeddah pada Kamis mencapai 179 milimeter. Curah hujan tersebut menjadi yang tertinggi dalam sejarah.

    Diketahui, hujan badai dan Jeddah banjir terjadi hampir setiap tahun. Penduduk setempat disebut telah mengeluhkan buruknya infrastruktur.

    Pada 2009, banjir menewaskan 123 orang. Pada November 2017, polisi Jeddah menerima 11 ribu telepon setelah hujan deras mengguyur kota tersebut.

    Jeddah sendiri terletak dekat Laut Merah dan sering disebut sebagai ‘pintu gerbang ke Mekkah’.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img