spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Pemkot Bandung Terjunkan Unit Pemadam Kebakaran Ke Lokasi Gempa Cianjur

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menerjunkan belasan petugas untuk ikut membantu korban gempa Cianjur. Petugas yang diterjunkan dapat terus bertambah seiring kebutuhan di lapangan.

    “Kita dari Diskar PB sudah memberangkatkan hari kemarin lima orang dari perwakilan penanggulangan bencana,” kata Kepala Diskar PB Kota Bandung Gun Gun Sumaryana di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jabar Selasa (22/11/2022).

    Menurutnya, para petugas akan melakukan asesmen di lapangan untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan korban serta mendata mereka. Pada hari ini pun sebanyak 13 orang diterjunkan bersama satu mobil penyelamat dan mobil komando.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Kirim Ambulans Bantu Korban Gempa Cianjur

    “Tadi kita juga menurunkan 13 orang dengan mobil rescue, satu mobil penyelamat dan mobil komando. Tadi pagi kita bersama Damkar se-Bandung Raya Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung,” ucapnya.

    Gun Gun menyebut, jumlah personil yang diterjunkan ke Cianjur akan bertambah melihat kebutuhan di lapangan. Selain itu sejumlah peralatan disiapkan untuk membantu evakuasi.

    “Mobil rescue itu di dalam termasuk alat-alat untuk melakukan evakuasi, ada gunting untuk memotong baja, ada juga alat pemecah beton ada juga alat pengungkit untuk mengungkit reruntuhan yang menimpa korban atau mencari orang,” katanya.

    BACA JUGA: Rekayasa Lalin Jalan Hamara Efendi Kota Banjar untuk Urai Volume Kendaraan

    Meski begitu, Diskar PB Kota Bandung belum dapat memastikan para personel akan berada di Cianjur untuk berapa lama. Namun saat ini tengah dilakukan rapat terkait rencana pengiriman bantuan.

    Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerjunkan belasan ambulans untuk membantu korban gempa di Kabupaten Cianjur berkekuatan magnitudo 5,6. Tenaga medis turut diterjunkan untuk membantu serta mengirimkan sejumlah bantuan.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img