spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    5 Karateka Jabar Raih 3 Medali di WKF Series A 2022

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Lima karateka Jawa Barat berhasil memberikan kontribusi positif bagi Indonesia di ajang Kejuaraan Karate Internasional ‘WKF Series A 2022‘ yang baru usai digelar di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (20/11/2022). Indonesia sendiri meraih 3 medali emas, 3 perak, dan 5 perunggu.

    Dari total raihan medali tim Indonesia pada ajang WKF Series A 2022, 1 medali emas dan 2 perunggu diraih karateka asal Jabar. Medali emas yang diraih karateka Jabar berasal dari nomor kata beregu putri, sedangkan dua medali perunggu diraih dari nomor kata dan kumite.

    Di kata beregu putri, karateka Jabar yakni Lala Diah Pitaloka, Malini Angga Resta, dan Khairina Alya Zati berhasil meraih medali emas. Di babak final, trio karateka putri asal Kabupaten Majalengka ini berhasil mengalahkan tim kata beregu putri Pelatnas yang diperkuat Emilia Sri, Anugrah Nurul, dan Dian Monika.

    fokusjabar.id WKF Seies A
    Karateka asal Kota Bogor, Hazel Ramadhan berhasil meraih medali perunggu pada WKF Series A 2022 usai mengalahkan karateka asal Jepang, Ikeda R pada partai Final Bronze kata perorangan putra. (FOTO: Istimewa)

    Untuk medali perunggu, diraih Hazel Ramadhan dari kata perorangan putra. Karateka asal Kota Bogor yang masih berusia 17 tahun itu berhasil mengalahkan karateka asal Jepang, Ikeda R pada partai Final Bronze.

    Satu keping medali perunggu lainnya diraih atlet asal Kabupaten Subang, Sandy Firmansyah. Tampil di kumite kelas +84 kg, Sandi berhasil mengalahkan karateka asal Yunani di partai final bronze dengan skor 11-3.

    BACA JUGA: Bawa Pulang Emas, Kedatang Atlet Volly Indoor Asal Buniseuri Ciamis Disambut Warga

    Wakil Ketua II Bidang Prestasi Forki Jabar, Arif Hardiana mengaku sangat bangga dengan pencapaian atlet Jabar pada ajang Kejuaraan Karate International WKF Series A 2022. Telebih pada sepekan sebelumnya, para atlet sudah berjuang habis-habisan membela daerahnya masing-masing di ajang Porprov XIV Jabar tahun 2022.

    “Satu medali emas dan dua medali perunggu yang diraih atlet Jabar, tentu saja membuat kami bangga serta mengapresiasinya. Mereka masih mampu tampil dengan baik meski sepekan sebelumnya tampil di Porprov XIV Jabar. Ini merupakan pencapaian luar biasa yang harus dipertahankan dan ditingkatkan,” kara Arif saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (21/11/2022).

    fokusjabar.id WKF Seies A
    Karateka asal Kabupaten Subang, Sandy Firmansyah berhasil meraih medali perunggu setelah mengalahkan karateka asal Yunani di partai final bronze kumite kelas +84 kg dengan skor 11-3. (FOTO: Istimewa)

    Apresiasi atas pencapaian atlet Jabar di ajang WKF Series A 2022 disampaikan Wakil Sekjend PB Forki Bidang Luar Negeri sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, Darly Siregar. Melalui sambungan telepon, Darly menyampaikan terimakasih dan bangga atas kontribusi Jabar di ajang kejuaraan karate internasional tersebut.

    “Jabar tidak pernah berhenti memberikan kontribusi, temasuk di ajang WKF Series A dengan menyumbangkan satu medali emas dan dua perunggu. Ini momen yang sangat luar biasa saat tim kata beregu putri Jabar mengalahkan tim Pelatnas dimana penilaiannya dilakukan wasit netral asal luar negeri bukan dari Indonesia. Ini membuktikan jika kualitas karateka Jabar itu sangat baik,” Darly menuturkan.

    Untuk itu, Jabar bisa menjadi salah satu provinsi yang bisa dicontoh dalam hal pembinaan olahraga karate. Hal tersebut sudah dibuktikan Jabar dengan memberikan sumbangsih terbaiknya pada ajang WKF Series A 2022 maupun di berbagai ajang kejuaraan nasional maupun di PON.

    “Pengurus pusat maupun Pengurus Provinsi tidak harus malu untuk berguru kepada Jabar dalam hal pembinaan. Mereka sudah mampu memberikan kontribusi positif bagi Indonesia sebagai salah satu bukti pembinaan olahraga karate yang sudah baik,” dia menegaskan.

    Sementara, dua medali emas lain yang diraih Indonesia di ajang WKF Series A 2022, disumbangkan dari kata beregu putra yang direbut oleh Tim Pelatnas yang diperkuat Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana dan Albiadi). Di babak final, trio karateka Pelatnas mengalahkan trio karateka DKI Jakarta atas nama Mohammad Zidane Bhagaskara, La Ode Andinudin dan Chandra Nevo.

    Satu medali emas lain disumbangkan Rakawuni Banurea Dessynta dari nomor kumite +68 kg putri. Di partai puncak, Dessynta berhasil mengalahkan karateka putri asal Australia, Sullivan Hannah.

    Sedangkan medali perak diraih kata beregu putra tim DKI Jakarta, kata beregu putri Tim Nasional PB FORKI, dan Annisa di nomor kumite -50 kg putri.

    Kejuaraan karate internasional ‘WKF Series A 2022’ digelar pada 18-20 November 2022 dan diikuti lebih dari 670 atlet yang memperkuat 65 negara. Indonesia sebagai tuan rumah menjadi yang terbanyak mengirimkan atlet yakni 139 karateka, diikuti India sebanyak 67 atlet, dan hina Taipei serta Ukraine yang masing-masing mengirimkan 26 atlet.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img