spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Tutup KTT G20, Jokowi Serahkan Presidensi G20 ke India

    BALI,FOKUSJabar.id: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), resmi menutup KTT G20 di Nusa Dua, Bali pada Rabu (16/11/2022). Bersamaan dengan itu, kepemimpinan G20 pun diserahkan ke India.

    “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, selamat jalan dan have a safe drive. Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali, Indonesia, ditutup,” kata Jokowi, sambil mengetok palu.

    Jokowi pun memberikan palu tersebut langsung ke Perdana Menteri India Narendra Modi.

    Joint communique KTT G20 telah diadopsi. Salah satu pernyataan bersama yang disepakati adalah mengecam invasi Rusia ke Ukraina.

    BACA JUGA: ICW Kritik UU Batas Usia Calon Pimpinan KPK!

    “Sebagian besar anggota negara G20 mengecam keras perang di Ukraina dan menekankan hal tersebut menyebabkan penderitaan manusia yang luar biasa,” sebut pernyataan bersama G20. seperti dilansir IDN.

    “Kami menegaskan kembali posisi nasional kami sebagaimana juga dinyatakan dalam forum lain, termasuk Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB, yang, dalam Resolusi No. ES-11/1 tanggal 2 Maret 2022, telah disetujui dengan suara terbanyak (141 suara setuju, 5 melawan, 35 abstain, 12 absen) sangat menyesalkan agresi oleh Federasi Rusia melawan Ukraina dan menuntutnya secara lengkap dan tanpa syarat penarikan dari wilayah Ukraina,” lanjut komunike itu.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img