spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    Seberapa pengaruh Refresh Rate dalam Game? Apa Perbedaan Monitor 60 Hz Sampai 240 Hz?

    FOKUSJabar.id: Banyak orang yang menyarankan saat bermain game untuk kelancaran grafis dan kualitas gambar, sebaiknya pilih layar monitor dengan refresh rate tinggi. Namun apa sebenarnya pengaruh refresh rate? dan apa perbedaan monitor 60Hz sampai 240Hz, simak ulasannya.

    Kecepatan refresh ini biasanya sangat bagi para gamer PC sangat penting. Karena semakin tinggi kecepatan refresh, semakin halus pula gerakan dalam game serta semakin nyaman penggunanya dalam bermain game.

    Kecepatan pengaruh refresh rate itu sendiri adalah angka yang menunjukkan berapa kali monitor dapat memuat gambar baru setiap detiknya. Refresh rate ini terukur dalam satuan Hertz (Hz) dalam sebuah layar monitor. 

    Baca Juga: Tutorial Menggunakan Dual Monitor Pada Komputer

    Monitor Refresh Rate di atas 60Hz

    Karena grafik tampilan dan pola penggunaan yang lebih kompleks dan lebih cepat, sebagian besar monitor yang mengusung nama monitor gaming lengkap dengan kecepatan refresh tinggi di atas 60Hz. 

    Selain itu, nilai Hz yang tinggi juga untuk merespon game dengan grafis cepat dan perubahan dalam waktu singkat. Seperti game-game yang bergenre First Person Shooter (FPS), Contohnya Valorant, Counter Strike, dan Fortnite.

    Menggunakan monitor biasa untuk bermain game tersebut tentu tidak akan terlalu memuaskan. Karena gambar akan kurang responsif, lag dan memperkecil kemungkinan menang di dalam game.

    Semakin tinggi Hz yang ada pada monitor, semakin baik tampilan gambar di layar. Misalnya, jika kamu mempunyai monitor dengan 60Hz dan lawan main kamu mempunyai monitor 240Hz maka kemungkinan besar lawan akan melihat kamu terlebih dahulu.

    Penggunaan monitor ini perlu di imbangi spek PC yang memungkinkan kamu menghasilkan gambar atau frame per second berimbang dengan monitor.

    Kamu juga bisa mengatur refresh rate monitor di PC jika kamu ingin mengubah refresh rate lebih besar maupun ke yang lebih kecil.

    Baca Juga: Cara Mudah ala Anya Geraldine untuk Bikin Konten yang Unik pakai Smartphone

    Monitor-monitor sekarang sebenarnya memiliki varian refresh rate yang cukup banyak mulai 30Hz sampai 360Hz. Untuk memainkan game dengan nyaman kamu tidak perlu membeli monitor yang memiliki refresh rate yang terlalu tinggi.

    Jika kamu seorang gamers yang memainkan game hanya untuk bersenang-senang kamu hanya perlu monitor 60Hz atau 144Hz untuk memainkan game dengan nyaman.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img