spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Porprov XIV Jabar Resmi Dibuka, Wagub: Saatnya Raih Hattrick Juara Umum PON

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat tahun 2022 telah dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzanul Ulum di Stadion Galuh, Kabupaten Ciamis, Sabtu (12/11/2022) malam. Wagub berharap gelaran multieven olahraga empat tahunan di Jabar ini bisa melahirkan atlet-atlet potensial baru untuk meraih hattrick juara umum PON XXI tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh.

    Dalam sambutannya, Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia khususnya Kabupaten Ciamis yang mampu hadirkan acara pembukaan yang megah dan meriah. Uu menitip agar tuan rumah Porprov XIV Jabar bisa bisa melayani kontingen dan ofisial dengan sebaik-baiknya serta profesional.

    “Perlihatkan jika kita bangsa yang someah hade ka semah yang merupakan karakter masyarakat Jabar. Dengan mengucap basmallah, Bismillahirohmanirrahim, Porprov XIV Jabar dengan resmi saya nyatakan dibuka,” kata Wagub Jabar.

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar
    Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzanul Ulum membuka secara resmi Porprov XIV Jabar di Stadion Galuh, Ciamis, Sabtu (12/11/2022) malam. (FOTO: Istimewa)

    Meski gelaran Porprov XIV Jabar dilaksanakan ditengah segala keterbatasan dan minimalis, kata Uu, namun prestasi para atlet harus tetap maksimal. Penyelenggaraan Porprov XIV Jabar ini harus tetap bisa menampilkan hasil dan kualitas yang terbaik bagi Jabar.

    Komitmen bersama antara pemerintah kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi, lanjut dia, merupakan salah satu kunci keberhasilan Porprov XIV Jabar tahun 2022. Pelaksanaan pertandingan cabang olahraga yang tersebar di 8 kabupaten dan kota merupakan ajang seleksi atlet untuk persiapan Jabar mengikuti pelaksanaan Pra PON XXI pada tahun 2023 mendatang.

    “Untuk itu, dari ajang ini diharapkan muncul potensi atlet baru yang akan memperkuat Jabar di PON XXI tahun 2024. Jabar harus bisa mempertahankan juara umum usai meraih dua kali di tahun 2018 dan 2022. Sekarang saatnya Jabar meraih hattrick juara umum di ujung barat Indonesia yakni Sumut dan aceh di tahun 2024,” Uu menegaskan.

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar
    Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin. (FOTO: Istimewa)

    Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin mengatakan, gelaran multieven olahraga empat tahunan di Jabar ini diikuti lebih dari 13 ribu atlet yang memperkuat 27 kabupaten dan kota peserta. Selain itu, lebih dari 8 ribu personil ikut serta dalam menyukseskan penyelenggaraan Porprov XIV Jabar sebagai ofisial kontingen, panitia daerah, technical delegate cabang olahraga hingga panitia pelaksana pertandingan.

    “Jadi lebih dari 21 ribu sumber daya manusia ikut menyukseskan gelaran tahun ini. Dari 13 ribu lebih atlet yang berlaga di porprov kali ini, sekitar 12 ribuan merupakan atlet junior dan ini menunjukkan jika kaderisasi atlet untuk menggantikan posisi atlet senior pada PON XXI tahun 2024 di Sumut dan Aceh berjalan dengan baik,” Ahmad menuturkan.

    Ahmad melanjutkan, jumlah atlet yang mengikuti Porprov XIV Jabar tahun 2022 ini menunjukkan jika Jabar memiliki kontribusi terbesar dalam keprestasian olahraga nasional. Sekaligus dalam memelihara keprestasian olahraga Jabar di level nasional maupun internasional.

    “Kami ucapkan terimakasih kepada bupati dan wali kota yang sudah memberikan dukungan bagi pembinaan olahragaan prestasi di daerahnya masing-masing. Khusus bagi 9 kabupaten dan kota sebagai tuan rumah, kami sampaikan terimakasih, kebanggaan, dan kehormatan setinggi-tingginya. Meski dari sisi anggaran terbatas pasca pandemi Covid-19, kita berharap pelaksanaan Porprov XIV Jabar ini bisa menghasilkan prestasi nasional untuk mewujudkan prestasi Jabar untuk nasional dan internasional,” kata Ahmad.

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar
    Ketua PP Porprov XIV Jabar, M. Budiana. (FOTO: Istimewa)

    Ketua Panitia Pusat (PP) Porprov XIV Jabar, M. Budiana melaporkan, pertandingan cabang olahraga di ajang multieven olahraga ini sudah digelar sejak 25 Oktober 2022 lalu pada cabang olahraga bola voli indoor di Kabupaten Subang. Sebanyak 78 sub cabang olahraga dipertandingan dengan jumlah nomor pertandingan mencapai 1044 nomor pertandingan.

    “Beberapa cabang olahraga sudah memulai perebutan medali dan hingga siang hari tadi, sudah lebih dari 900 keping medali terdistribusi ke 27 kabupaten dan kota. Baik medali emas, perak maupun perunggu,” kata Budiana.

    Sementara Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi dan KONI Jabar yang sudah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Ciamis sebagai tuan rumah Porprov XIV Jabar. Hal ini menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi masyarakat Tatar Galuh Ciamis.

    “ajang multieven olahraga ini menjadi momen kebangkitan masyarakat Kabupaten Ciamis pasca pandemi Covid-19. Selamat datang dan selamat bertanding di Kabupaten Ciamis, yang tentunya dengan menjunjung tinggi sportivitas,” kata Herdiat.

    BACA JUGA: Persib Bandung Menang 3-0 kontra FC Bekasi City

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar
    Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. (FOTO: Istimewa)

    Porprov XIV Jabar tahun 2022 sendiri awalnya direncanakan akan dibuka langsung Gubernur Jabar, seperti halnya pada saat pembukaan porprov sebelumnya di Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor. Namun orang nomor satu di Jabar tersebut batal membuka secara langsung dan diwakilkan kepada Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzanul Ulum.

    Acara pembukaan diawali dengan pembacaan puisi oleh Ridwan Hasyimi dengan tema Kanjuruhan sebagai bentuk empati terhadap Tragedi Kanjuruhan yang terjadi 1 Oktober 2022 lalu. Usai itu, acara dilanjutkan dengan pegelaran kolosal Kalang Bentang dan dilanjutkan dengan defile Kontingen Porprov XIV Jabar 2022 dari 27 kabupaten dan kota di Jabar.

    Usai defile, bendera berlogo KONI dan Porprov Jabar dikibarkan Paskibraka Kabupaten Ciamis dan dilanjutkan dengan laporan Ketua PP Porprov XIV Jabar, M. Budiana. Usai itu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan mulai dari Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin serta Wagub Jabar, Uu Ruzanul Ulum sekaligus membuka Porprov XIV Jabar tahun 2022 secara resmi.

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar
    Kwaldron api Porprov XIV Jabar Tahun 2022. (FOTO: Istimewa)

    Usai dibuka secara resmi oleh Wagub Jabar, Uu Ruzanul Ulum, lalu dilakukan penyalaan api di kwaldron. Penyalaan api dilakukan legenda bola voli Jabar dan nasional asal Ciamis, Syamsul Jais.

    Akhir acara ditutup dengan hiburan musik dengan menampilkan band Jamrud. Band yang berasal dari Kota Cimahi itu berhasil menghibur ribuan warga Ciamis yang tumplek di lapangan stadion Galuh meski hujan gerimis mengguyur hingga tengah malam.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img