spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    Kesadaran Hukum Desa Meningkat, Bupati Tasikmalaya Terima Anubhawa Sasana Desa

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Komitmen Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto dalam meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, telah menempatkan Kabupaten Tasikmalaya sebagai salah satu kabupaten yang menerima penghargaan Anubhawa Sasana Desa.

    Anubhawa Sasana Desa diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia (RI).

    Penghargaan diberikan oleh Sekretaris Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham RI, Audy Murfi M.Z dan diterima langsung Bupati Tasikmalaya, di Aula Barat Gedung Sate Bandung. Kamis, (3/11/2022).

    Penghargaan tersebut diberikan berkat inovasi, jasa dan komitmen kepala daerah dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, khususnya desa dan kelurahan melalui pembinaan desa/kelurahan sadar hukum.

    BACA JUGA: Percepat Pembangunan Desa, Bupati Tasikmalaya Raih Penghargaan Mendes PDTT

    “Alhamdulillah kemarin kami menerima piagam penghargaan Anubhawa Sasana Desa. Piagam ini merupakan penghargaan atas usaha serta keseriusan yang selama ini dilakukan, dalam upaya pembinaan serta pembangunan desa binaan di Kabupaten Tasikmalaya, sebagai desa sadar hukum,” kata Ade.

    Dia menyebutkan, dengan adanya penghargaan tersebut, tentunya memotivasi pemerintah untuk terus membina dan mengembangkan desa-desa di wilayah Kabupaten Tasikmalaya sebagai desa mandiri.

    Selain itu, desa yang memiliki kesadaran hukum yang tinggi sebagai investasi untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban serta ketentraman hidup bermasyarakat, berpemerintah dan bernegara.

    BACA JUGA: Kabupaten Tasikmalaya Diterjang Longsor, Aktivitas Warga Terganggu

    Ditambahkan, desa sadar hukum merupakan desa/kelurahan yang telah dibina atau karena swakarsa dan swadaya masyarakat dan telah memenuhi kriteria sadar hukum berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham dan penilaian E-Darkum oleh Pemda Provinsi Jawa Barat.

    Dalam acara tersebut, juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Desa Sadar Hukum dari Kemenkumham dan penghargaan Gubernur Jawa Barat untuk Kecamatan Sukaresik, Desa Deudeul, Desa Banjarsari dan Desa Buniasih di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img