spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    Bupati Tasikmalaya Dianugerahi Satya Lencana Bakti Desa Pertama

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Baru-baru ini, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, menerima Satya Lencana Bakti Desa Pertama.

    Itu merupakan penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia.

    Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto dinilai sukses melakukan percepatan pembangunan desa hingga membentuk desa-desa mandiri, serta meningkatkan desa tertinggal menjadi desa berkembang dan maju.

    BACA JUGA: Ini Kata Bupati Tasikmalaya: Maulid Nabi Momentum Pererat Ukhuwah Basyariah

    Dari jumlah delapan desa tertinggal pada  tahun 2021, di tahun 2022, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto berhasil meningkatkan strata desa tersebut menjadi desa berkembang menuju desa maju dan mandiri. 

    Pada tahun 2022, Kabupaten Tasikmalaya dinyatakan bebas desa tertinggal. 

    Pada tahun yang sama, jumlah desa mandiri di Kabupaten Tasikmalaya bertambah secara signifikan hingga mencapai 35 desa. 

    “Alhamdulillah sangat bersyukur. Selaku bupati, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder, pelaku ekonomi dan pembangunan serta  pimpinan ormas, pesantren dan elemen masyarakat lainnya, hingga Kabupaten Tasikmalaya ini menerima anugerah Satya Lencana Bakti Desa Pertama,” kata Ade Sugianto, Kamis, (3/11/2022).

    Dia sebut, berkat kerja keras semua pihak, Kabupaten Tasikmalaya menerima penghargaan luar biasa dari Mendes PDTT. 

    “Jadi ini berkat kerja keras semua pihak, kalau bupati mah sekedar menerima penghargaannya saja,” ujar Ada Sugianto. 

    Dia menjelaskan, selama tahun 2017 sampai 2018, hanya ada satu desa mandiri di Kabupaten Tasikmalaya, yaitu Desa Karangnunggal. 

    Kemudian lanjut dia, tahun 2019, naik 100 persen menjadi dua desa mandiri. Pada tahun 2020 jumlah desa mandiri naik secara signifikan walaupun di tengah pandemi Covid-19, hingga 21 desa. 

    “Yang membanggakan, tahun 2022 ini menjadi 35 desa mandiri,” ucap Ade Sugianto.

    BACA JUGA: Karate Kota Bandung Siap Tarung dan Jadi Juara di Porprov XIV Jabar

    Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen mengatakan, Satya Lencana Bakti Desa Pertama merupakan penghargaan dari Mendes PDTT, sebagai salah satu bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melakukan langkah-langkah terbaik dalam mengawal desa. 

    “Artinya, dalam penanganan masalah desa, berkaitan dengan pembangunan ekonomi, sosial, budaya, keamanan dan ketertiban, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya telah melakukannya sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku,” kata Mohamad Zen.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img