spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Persib Kolaborasi Wujudkan Dunia Inklusi Lewat Film

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim Persib Bandung kembali menunjukkan komitmennya untuk selalu berbagi keceriaan dengan anak-anak, termasuk yang berkebutuhan khusus. 

    Sebelumnya, Persib melakukan kegiatan dengan bermain sepakbola bersama dalam kampanye “Lapangan Untuk Berbagi”. Sedangkan kali ini, tim kebanggaan Bobotoh mengajak anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) nonton bareng (nobar) film “Tegar” di Ciwalk XXI, Kota Bandung, Jumat (28/10/2022).

    Film “Tegar” tersebut merupakan besutan rumah produksi film Bandung Aksa Bumi Langit ini akan diputar pada event “Special Screening”.

    BACA JUGA: Manajemen Persib Berharap Kepastian Liga 1

    Pada kesempatan tersebut, Persib mengajak anak-anak berkebutuhan khusus. Selain itu, turut hadir pemain diantaranya Abdul Aziz dan Zalnando serta maskot Prabu untuk nobar film yang disutradarai oleh Anggi Frisca ini.

    Head of Communications PT PERSIB Bandung Bermartabat (PT PBB), Adhi Pratama, berharap kolaborasi dengan Aksa Bumi Langit melalui film “Tegar” ini dapat memberikan keceriaan, harapan, dan rasa percaya diri pada anak-anak berkebutuhan khusus dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. 

    “Dengan begitu, meskipun memiliki keterbatasan, mereka memiliki daya juang dan mentalitas yang kuat untuk meraih cita-citanya di masa depan,” kata Adhi.

    Adhi menambahkan, dengan mengajak serta melibatkan seluruh Bobotoh dan stakeholder, kolaborasi Persib pada film “Tegar” tersebut adalah salah satu contoh konkret sebuah komitmen dan kepedulian Persib terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. 

    “Apalagi, melalui kegiatan positif ini, semua pihak bisa saling bersinergi sesuai dengan filosofi #MenangBersama” jelasnya.

    Sebelumnya, Persib sudah menggelar beberapa kegiatan sosial seperti kampanye #LapanganUntukBerbagi melawan stigma masyarakat terhadap gender, disabilitas dan inklusi sosial melalui aktivitas bermain sepakbola, melalui berbagai program corporate seperti “Sampurasun” dan Sauyunan.

    Komitmen dan spirit Persib terhadap dunia inklusi sejalan dengan misi pembuatan film “Tegar” ini. Anggi Frisca, sebagai sutradara, ingin menjadikan film ini sebagai laboratorium mimpi bersama bagi pihak-pihak yang mendukung terwujudnya ruang untuk masyarakat inklusi di Indonesia maupun dunia. 

    Founder Aksa Bumi Langit yang juga merupakan Sutradara film Tegar, Anggi Frisca juga mengatakan bahwa kolaborasi bersama Persib adalah salah satu cara untuk membuka dan memperluas perwujudan inklusi dalam berbagai aspek.

    “Melalui kolaborasi ini, kita dapat belajar untuk bersama-sama menyebarkan mimpi dan harapan seluruh anak-anak untuk mewujudkan mimpi yang paling sederhana,” kata Anggi.

    Keterlibatan banyak pihak menjadi hal yang penting, karena ideologi yang diusung dari film ini adalah salah satu kampanye Sustainable Development Goals (SDGs) yang bertajuk Leave No One Behind.

    Hal ini bermakna memberi ruang untuk kesetaraan, berekspresi, mengesampingkan perbedaan dan berfokus pada pertumbuhan yang dapat dilakukan. 

    BACA JUGA: Progam Sampurasun, Persib dan Viking Hadirkan Semangat Sumpah Pemuda

    Untuk belajar memaknai inklusi sebagai tema film “Tegar”, rumah produksi film Bandung Aksa Bumi Langit mengajak dan melibatkan penyandang disabilitas. Tidak hanya menjadi peran penyerta, tetapi berupaya lewat pelibatan penuh. Sebanyak 10% cast and crew merupakan difabel yang berperan besar dalam proses produksinya.

    Film “Tegar” rencana akan diputar di bioskop-bioskop Indonesia pada tanggal 24 November 2022 mendatang. 

    Dalam pelaksanaannya, kampanye dengan tema membangun masyarakat inklusif memanggil banyak dukungan dari volunteer dari berbagai daerah di Indonesia. Gerakan #TemanTegar untuk mengajak nonton bareng film ini dengan melibatkan beberapa pihak seperti sekolah, komunitas, institusi swasta dan pemerintah pun membahana. 

    (Arif/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img