spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Porprov XIV Jabar Jadi Ajang Hiburan dan Kebangkitan Ekonomi Masyarakat

    SUBANG,FOKUSJabar.id: Pertandingan cabang olahraga Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat menjadi sarana hiburan dan kebangkitan ekonomi bagi masyarakat setelah selama dua tahun berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Hal itu terlihat pada pertandingan cabang olahraga pertama Porprov XIV Jabar yakni cabang olahraga bola voli indoor.

    Pertandingan cabang olahraga bola voli indoor Porprov XIV Jabar sudah mulai digelar di GOR Gotong Royong, Kabupaten Subang, Rabu (26/10/2022). Digelar selama 11 hari, GOR Gotong Royong pun dipadati warga yang hendak menonton setiap pertandingan.

    “Aura dan semangat warga Jabar menyambut Porprov XIV Jabar ini sangat terasa, sangat antusias dan terlihat saat menghadiri pertandingan bola voli indoor di GOR Gotong Royong ini,” kata Ketua PP Porprov XIV Jabar, M. Budiana saat ditemui usai pembukaan pertandingan cabang olahraga bola voli indoor Porprov XIV Jabar di GOR Gotong Royong, Kabupaten Subang, Rabu (26/10/2022).

    Selain itu, lanjut Budiana, perhatian kepala daerah setempat pun sangat antusias terhadap penyelenggaraan Porprov XIV Jabar. Hal itu terlihat dengan hadirnya Bupati Subang, H. Ruhimat beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Subang di hari pertama pertandingan cabang olahraga bola voli indoor.

    “Saya kira hal sama akan terjadi di kota dan kabupaten lain yang menjadi tuan rumah Porprov XIV Jabar. Mudah-mudahan ini jadi pertanda, insha Allah, Porprov XIV Jabar akan berjalan sukses dan kita berharap semua pertandingan berjalan lancar,” Budiana menambahkan.

    BACA JUGA: Pertandingan Porprov XIV Jabar Dimulai dari Kabupaten Subang

    fokusjabar.id Porpro Bola Voli
    Berfoto bersama atlet sebelum laga perdana cabang olahraga bola voli indor Porprov XIV Jabar antara tim putra Kabupaten Subang versus Kabupaten Cirebon. (FOTO: Istimewa)

    Cabang olahraga Porprov XIV Jabar yang akan kembali menggelar pertandingan yakni sepakbola yang dilaksanakan di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Bandung. Mulai digelar pada 30 Oktober 2022, pertandingan sepakbola dipastikan akan menyedot animo dan antusiasme tinggi dari masyarakat.

    “Tapi pasca tragedi di Kanjuruhan (Malang), berimbas pada pelaksanaan pertandingan sepakbola di Porprov XIV Jabar. Pertandingan digelar tanpa penonton terkecuali yang masuk dalam jajaran ofisial tim dan ofisial khusus daerah seperti Bupati atau Wali Kota atau jajaran Forkopimda. Tapi saya yakin pertandingan di cabang olahraga lain pun akan menarik antusiasme sama dan porprov ini menjadi sarana hiburan atau healing bagi warga usai berjibaku dengan pandemi,” Budiana menuturkan.

    Terlepas dari antusiasme masyarakat menyaksikan perhelatan pertandingan Porprov XIV Jabar, lanjut Budiana, aspek pengembangan ekonomi kemasyarakat di setiap venue pun akan ikut menggeliat. Hal ini terlihat dengan hadirnya stand-stand penjual yang disiapkan panitia daerah di sekitar venue pertandingan cabang olahraga Porprov XIV Jabar.

    “Para penjual makanan, baju-baju olahraga, souvenir khas daerah, hingga UMKM ikut merasakan imbas dari gelaran Porprov XIV Jabar ini. Secara tidak langsung, gelaran multieven olahraga ini bisa ikut mendukung kebangkitan ekonomi di daerah,” kata Budiana.

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar Bola Voli
    Panitia Daerah Porprov XIV Jabar – Kabupaten Subang menyiapkan bigscreen diluar GOR Gotong Royong bagi warga yang ingin menyaksikan pertandingan. (FOTO: Ageng)

    Hal senada diungkapkan warga Subang, Ikbal saat ditemui usai menyaksikan pertandingan bola voli indoor putra antara Kabupaten Subang kontra Kabupaten Cirebon. Ikbal mengaku cukup terhibur dengan kehadiran pertandingan olahraga secara langsung yang jarang dilihatnya dalam dua tahun terakhir akibat pandemi.

    “Hiburan gratis Kang. Sudah lama juga kan gak ada pertandingan seperti ini di Subang,” kata Ikbal.

    Porprov XIV Jabar tahun 2022 akan dibuka secara resmi pada 12 November 2022 di stadion Galuh, Kabupaten Ciamis dan ditutup di lokasi yang sama pada 19 November 2022. Gelaran multieven olahraga terakbar di Jabar edisi ke-14 ini mempertandingkan 1044 nomor pertandingan di 78 cabang olahraga yang akan digelar di 9 kota dan kabupaten.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img