spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Kodim 0613 Ciamis Gelar Kontes Ketangkasan Domba Garut

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kodim 0613/Ciamis kerja bareng Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) gelar kontes ketangkasan Domba Garut, Minggu (23/10/2022).

    Kontes ketangkasan Domba tersebut digelar di lapang Pamidangan Puspa Raya Desa Sagalaherang Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar).

    BACA JUGA: Mantap! Profesor dan Pelajar China Kagumi Domba Garut

    Dandim 0613 Ciamis melalui Pabung Mayor Czi. Budi Ariyanto, lomba ketangkasan Domba asal Garut tersebut dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

    Tujuannya, untuk melestarikan sekaligus mengembangkan kebudayaan tradisional Jawa Barat.

    “Kegiatan ketangkasan Domba asal Garut ini agar budaya Jawa Barat tetap lestari,” katanya.

    domba garut fokusjabar.id
    Kontes Seni Ketangkasan Domba (foto Husen)

    Dengan begitu, kelestarian Domba akan terjaga sehingga para peternak Domba akan semakin menggeliat di Kabupaten Ciamis.

    “Seni ketangkasan Domba asal Garut ini bisa meningkatkan harga sehingga peternak bisa diuntungkan dibanding memelihara Domba biasa,” ucapnya.

    Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Sarief Nurhidayat mengapresiasi kontes ketangkasan Domba tersebut. Bagaimana tidak,  dengan gelaran itu bisa meningkatkan geliat perekonomian.

    “Ada tiga aspek yang diuntungkan dari kegiatan kontes ini. Yaitu, Budaya lokal Jawa Barat lestari, meningkatnya ekonomi  masyarakat dan nilai jual harga Domba,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img