spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Astro Robot Imut Penjaga Rumah Buatan Amazon

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Raksasa e-commerce Amazon, tahun lalu meluncurkan sebuah robot imut yang bisa menjadi penjaga rumah.

    Robot penjaga rumah tersebut dinamai Astro.

    Jika anda orang yang sering pergi keluar rumah, maka Astro bisa menjaga seluruh barang agar tidak digondol maling. 

    BACA JUGA: 5 Webcam di Bawah 500 Ribu

    Robot yang satu ini bisa menjadi solusi untuk mengawasi serta menjaga hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di rumah.

    Astro hanya memiliki tinggi sekitar 60 cm dan berat 9 Kg karena desain yang kecil dan unik membuat robot ini terlihat imut saat berjalan di lantai rumah.

    Alat ini juga dilengkapi dengan pemetaan denah rumah dan dapat mematuhi untuk pergi ke suatu tempat untuk melihatnya lebih dekat dengan kamera yang ada pada Astro.

    Robot ini juga dapat tersinkron dengan asisten virtual Alexa yang dibuat Amazon dan bisa mengenali wajah serta mempelajari kebiasaan penghuni rumah.

    Bagaikan robot vacuum cleaner, Astro mengandalkan rangkaian kamera dan sensor untuk memetakan area di sekitarnya, sehingga bisa bergerak tanpa menabrak tembok yang adad di rumah.

    Saat baterai hampir habis, Astro juga akan pindah ke charging station untuk beristirahat.

    BACA JUGA: Ini Cara Mengubah Kata Sandi Gmail di Smartphone  

    Penggunaannya juga dapat menggunakan robot ini untuk berpatroli, mengawasi rumah, dan menyelidiki aktivitas ketika penghuni rumah sedang kosong ataupun sedang beraktivitas di luar rumah. 

    Namun kelemahan dari robot ini adalah berpotensi untuk diretas dan memperlihatkan seisi rumah pengguna. Untuk mencegah hal tersebut robot ini memiliki fitur bawaan untuk menjaga dari penyalahgunaan.

    Pengguna dapat mematikan kamera dan menonaktifkan mikrofon Astro serta dilengkapi suara peringatan dan pesan di layarnya ketika seseorang mengakses kamera dari jarak jauh.

    Dengan demikian jika seseorang ingin masuk kerumah pengguna hal tersebut bisa menakuti orang jahat dan mencegahnya untuk mengambil barang yang ada.

    Sekilas, kegunaan Astro mungkin tidak banyak. Namun kenyataannya, Amazon melihat potensi Astro untuk menjadi bagian dari sistem keamanan rumah.

    Astro mengintegrasikan kamera yang menonjol keluar dari kepalanya dan mengembang seperti periskop, sehingga dapat melacak objek yang berada di luar jangkauan layarnya, seperti memeriksa apakah kompor mati ataupun yang lain.

    (Edi/Bambang)

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img