spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    ‘Manusia Listrik’ Asal Ciamis, Kebal Dari Tegangan 2000 watt

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Seorang warga Dusun Karang Jetak, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat bernama Jamil (63) membuat semua orang tercengang karena tubuhnya yang kuat menahan listrik bertegangan tinggi. Dia pun diberi julukan oleh warga sekitarnya dengan nama “Manusia Listrik”.

    Saat dikonfirmasi, Jamil membenarkan kemampuan yang dimilikinya itu. Dia menceritakan kelebihannya dalam menahan listrik bertegangan tinggi itu diketahui dirinya waktu di usia muda sekitar tahun 80-an.

    Awalnya manusia listrik ini mencoba kemampuannya itu lantaran sebelumnya, Jamil pernah diberi mandat oleh gurunya bahwa dia memiliki kekuatan menahan tegangan listrik. 

    BACA JUGA: Pelebaran Jalan, DPUPRP Ciamis Bongkar Bangunan Warga Tanpa Izin

    “Dulu saya pernah kerja di gontor dan kala itu saya suka melihat bos saya yang kebetulan seorang kiai dan dia merupakan guru. Saya suka ngintip-ngintip dan mencobanya,” katanya saat ditemui di kediamannya. Rabu (12/10/2022).

    “Kemudian guru saya juga pernah berkata bahwa saya itu punya kelebihan menahan tegangan listrik,” kata Jamil menambahkan. 

    Dengan rasa khawatir dia pun memberanikan diri saat warga di lingkungannya terkena musibah tiang listrik. 

    “Waktu itu tiang listrik roboh dan kabel-kabel berserakan. Kabelnya masih ada listriknya, saya mencoba membenahi nya dan memang tidak terasa padahal saya waktu itu basah kuyup,” ujarnya. 

    Setelah itu, dia mulai mempelajari ilmu listrik dan mulai menguasai kemampuannya itu. Kendati orang-orang di sekitarnya semakin banyak yang tau dan sering meminta jasa Jamil untuk membetulkan listrik. 

    “Alhamdulillah, kemampuan saya ini bisa membantu orang-orang yang memiliki kendala pada listrik. Tapi kemampuan ini bukan berarti saya kebal listrik, ada batasan, saya terasa tersetrum kalau aliran listrik di atas 2000 watt itu pun bisa bertahan dalam waktu kurang lebih 10 menit,” kata dia. 

    “Saya tidak mematok harga bagi mereka yang membutuhkan jasa saya, kalau ada orang yang minta tolong saya menolong saja tidak menarif harga tapi alhamdulillah suka ada yang ngasih,” kata dia menambahkan.

    Selain itu, Jamil juga memanfaatkan kemampuannya ini dengan baik. Dia membuka jasa pijat totok syaraf untuk membantu masyarakat yang terkena musibah. 

    “Saya juga suka mijit orang yang terkena musibah. Ada yang stroke, jatuh dari kendaraan, cidera serta lainnya, alhamdulillah pada sembuh,” kata Jamil.

    Meski demikian, pria yang sehari-hari bertani ini berpesan agar atas kemampuannya itu tidak memicu orang melakukan hal yang sama. 

    BACA JUGA: Serenity Bantu Promosikan Destinasi Wisata Dengan Touring Bareng Keluarga

    Dia berpesan agar kemampuannya ini hanya sebatas informasi saja, Dia mengaku jika kemampuannya ini di publikasikan malah banyak orang yang meniru.

    “Pokoknya jangan. Gak ada yang kenal listrik, ini pun mungkin hanya kelebihan dari Tuhan yang diberikan kepada saya,” kata dia

    (Budiana Martin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img