spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Disdik Jabar Usulkan Ki Hajar jadi Tokoh Pendidikan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) mengusulkan Hadjarudin Supiana (75) atau sering disapa Ki Hajar menjadi tokoh pendidikan ke Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

    Ki Hajar merupakan guru honorer di SDN Babakan Sirna, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur.

    Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi mengatakan, telah mengusulkan agar mendapat penghargaan dan dinobatkan sebagai tokoh pendidikan atas pengabdiannya lebih dari 50 tahun.

    BACA JUGA: Atalia Praratya Terapkan Aplikasi Aplikasi Home Clinic

    “Pengabdian KI Hajar sudah hampir setengah abad tanpa pamrih. Tantangan jarak lokasi untuk mencerdaskan anak-anak bangsa luar biasa perjuangannya,” kata Dedi, Senin (15/8/2022).

    Dedi menyebut, hal itu menjadi alasan Disdik untuk mengusulkan Hadjarudin Supiana menjadi tokoh pendidikan.

    “Kita usulkan agar dapat penghargaan. Wajarlah pemerintah daerah memberikan penghargaan kepada sosok guru yang mengabdi tanpa pamrih,” ucapnya.

    Dalam mewujudkan hal itu, Disdik Jabar menggandeng tim penilaian kinerja daerah yang terdapat bagian kepegawaian untuk menilai sosok Hadjarudin Supiana.

    guru honorer fokusjabar.id
    Kadisdik Jabar (foto Mugni)

    Rencananya, pemberian penghargaan itu diusulkan bertepatan pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia atau saat memperingati Hari Guru Nasional pada 25 November mendatang.

    “Sudah kita usulkan ke Pak Gubernur. Apakah nanti pemberian penghargaannya di 17 Agustus atau hari guru. Kita masih menunggu,” ungkapnya.

    Sebagai informasi, Hadjarudin Supiana lebih dari 50 tahun mengabdi sebagai guru honorer. Hingga kini belum memiliki kesempatan diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau ASN.

    Kehidupannya pun jauh dari kata cukup. Honor mengajar yang dia dapat Rp350 ribu per bulan.

    Kondisi tersebut tak menyurutkan semangatnya untuk tetap mengajar. Bahkan, Dia rela berjalan kaki 5 km menuju sekolah dengan kondisi jalan yang rusak dan terjal.

    Karenanya, sosok Hadjarudin Supiana menjadi insipirasi para seniman di Jabar. Salah satunya yang memiliki hobi perfilman.

    BACA JUGA:

    Kisah Guru Honorer di KBB Jadi Inspirasi Film

    Kisah Ki Hajar diangkat menjadi sebuah film dokumenter oleh Masagi Pictures Indonesia. Hal itu sebagai upaya membuka mata kepada semua pihak atas kondisi guru honerer tersebut.

    Film dokumenter tersebut ditayangkan untuk pertama kalinya di Gedung Majestic Bandung, 9 Agustus 2022 lalu. 

    (Yusuf Mugni/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img