spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Kambing Guling Bonita Lestari “Lumer di Lidah”

    GARUT,FOKUSJabar.id: Kambing Guling Bonita Lestari, begitu pemilik racikan khas kambing muda yang rasanya aduhai dengan bumbu lumer di lidah itu menyebutnya.

    Selain kaya akan rempah khas Parahyangan , Kambing Guling buatan Jajang Riyadi juga nyaris tidak berbau layaknya daging kambing umumnya.

    Warga Ciledug, Tarogong, Kabupaten Garut itu mengaku sudah menggeluti usahanya itu sejak dirinya masih bekerja sebagai pelayan hotel dan memasak di salah satu hotel di Garut.

    BACA JUGA: Polres Tasikmalaya Sembelih 7 Kambing dan 70 Ayam

    Kambing guling
    Proses pemanggangan Kambing Guling Bonita Lestari higienis, dan dilakukan oleh profesional (LIN)

    “Saya yakin bahwa usaha ini akan mendatangkan hasil lebih baik,” kata Jajang ditemui dalam acara jamuan makan malam peserta Workshop Jurnalis Sadar Bencana di Kabupaten Garut beberapa waktu lalu.

    Benar saja, Kambing Guling Bonita Lestari kini tidak hanya diminati warga Garut, tetapi sudah melancong ke berbagai daerah, seperti Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Pulau Seribu dan daerah lainnya.

    “Pak Dudung KASAD juga pernah memesan kambing guling kami. Alhamdulillah,” kata dia.

    “Kambingnya itu berkisar usia 6-7 bulan, dan tidak perlu kambing Garut, yang penting racikannya. Biasa saya paketkan Rp3.5 juta sudah dapat juice, hingga gulai,” kata Jajang.

    Kambing guling
    Pemilik Kambing Guling Bonita Jajang Riyadi memaparkan racikan yang digunakan untuk panganan berbahan domba yang enak (LIN)

    Di balik usahanya yang semakin dikenal, Jajang pun memiliki niat melestarikan dan mengenalkan setidaknya 13 jenis rempah yang tumbuh di Kabupaten Garut.

    “Rempah yang tumbuh di Garut ini cocok juga sebagai kondimen penyedap masakan, khususnya panganan berbahan dasar domba,” kata dia.

    Kambing Guling
    Gulai Kambing pelengkap Kambing Guling ini pun enak dan tidak membuat lambung bergenderang (LIN)

    Untuk diketahui, saat ini Jajang mampu menjual 50 ekor kambing dalam bentuk kambing guling per bulan. Kambing Guling Bonita Lestari biasa dipesan untuk acara gatering, ulang tahun atau acara kumpul-kumpul lainnya.

    “Alhamdulillah saat ini Omzet sudah Rp150 juta per bulan. Modalnya harus berani dan selalu jujur,” kata Jajang.

    BACA JUGA: garutAtasi Stunting, Pemkab Garut Siapkan Rp5,9 Milyar

    Penasaran dengan rasa Kambing Guling Bonita Lestari, langsung datang saja ke Jalan Ciledug, Tarogong Kidul, Garut, Ngamplangsari, Kec. Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat atau DM [email protected]_grt. @bonitalestaricorner dan hubungi langsung kontak di IG nya. 

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img